Press "Enter" to skip to content

Kepala Staf Koarmada I Buka Latihan Operasi Pengamanan Obvitnas 2019

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kepala Staf Koarmada I Laksamana Pertama TNI Bambang Irwanto, M.Tr (Han) secara resmi membuka Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional  (obvitnas) TA 2019 dengan tema “Koarmada I Melaksanakan Latihan Pengamanan Obyek Vital Nasional TA 2019 di Pondok Dayung Jakarta dalam rangka Mendukung Tugas TNI Angkatan Laut” di Gedung Iman Taufik, Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (3/10/2019).

Dalam sambutannya, Kepala Staf Koarmada I menyampaikan bahwa Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional TA 2019 diselenggarakan oleh Koarmada I dan Lantamal dengan tujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan Koarmada I dalam rangka Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional.

“Laksanakan latihan ini dengan baik sesuai rencana, tahapan-tahapan ataupun prosedur dari setiap materi latihan khususnya unit tugas yang sesuai dengan materi latihan serta utamakan Zero Accident,” tutur Kepala Staf Koarmada I.

Sementara itu, Asops Danlantamal III Kolonel Laut (P) Hary Widjayanto selaku Ketua Pelaksana Latihan dalam laporannya menyampaikan bahwa Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional TA 2019 diselenggarakan pada tanggal 1 s.d. 14 Oktober 2019 di Pondok Dayung yang terbagi atas 2 kegiatan yakni pendalaman materi di Gedung Iman Taufik dan latihan kering serta pelaksanaan demo latihan di Dermaga Sunda Pondok Dayung.

Peserta Latihan Operasi Pengamanan Obyek Vital Nasional TA 2019 sebanyak 344 orang terdiri dari Staf Latihan 50 orang, Satkopaska Koarmada I 35 orang, Yonmarhanlan III 100 orang, Pomal Lantamal III 35 orang, Sintel Lantamal III 20 orang, Diskes Lantamal III 25 orang, Satrol Lantamal III 74 orang, dan Crew Helly 5 orang.

Adapun sasaran latihan ini yaitu menguasai dan mahir tentang manajemen security dan intelijen, mahir dalam menghadapi ancaman bahaya dari manusia (beladiri dan anti huru hara), hewan dan alam. Selain itu, peserta latihan diharapkan menguasai dan mahir dalam teknik, taktik dan strategis baik individu maupun tim pada pemeriksaan pengamanan dan pelaksanaan patroli, mahir dalam penanggulangan bahan peledak, serta mahir dalam melaksanakan evakuasi medis udara.

Baca Juga  Bakamla - Australia Border Force Gelar Latma

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Komandan Lantamal III, para Kadis dan Kasatker, Komandan Satuan Koarmada I, Komandan Satuan Lantamal III, dan Peserta Latihan.(Pen)