Press "Enter" to skip to content

Kasau Tinjau Kesiapan Pasukan di Surabaya

Social Media Share

SURABAYA, NP –  Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., bersama dengan Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, meninjau kesiapan pasukan yang terlibat dalam Latihan Gabungan (Latgab) TNI tahun 2019 di Dermaga Ujung Markas Koarmada II TNI AL Surabaya, Kamis (5/9/2019).

Apel Kesiapan Pasukan Latgab TNI 2019 kali ini melibatkan 1.123 prajurit dari 11.823 prajurit yang akan terlibat dalam Manuver Lapangan (Manlap) dan Fire Power Demo (FPD) pada tanggal 9-12 September 2019 mendatang di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir di Asembagus, Banyuwangi.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Kasad menyatakan, semua prajurit TNI yang akan melaksanakan latihan, baik matra darat, laut, maupun udara, pasti sudah siap karena sudah melakukan latihan dengan baik dan penuh kesungguhan.

“Saya yakin kalian mampu untuk menunjukkan yang terbaik karena latihan puncak angkatan yang telah dilaksanakan, seluruhnya berjalan dengan memuaskan,” kata Panglima TNI dalam amanat tertulisnya.

Latgab TNI 2019 dengan sandi “Dharma Yudha” mengambil tema, “Komando Gabungan TNI melaksanakan kampanye militer di mandala operasi dalam rangka menegakkan kedaulatan dan keutuhan wilayah NKRI” yang didukung oleh Komando Tugas Udara Gabungan (Kogasudgab), Komando Tugas Gabungan Darat (Kogasgabrat), Komando Tugas Gabungan Laut (Kogasgabla), Komando Tugas Gabungan Lintas Udara (Kogasgablinud), Komando Tugas Gabungan Amfibi (Kogasgabfib), Komando Tugas Gabungan Pendaratan Administrasi (Kogasgabratmin), dan didukung oleh Satuan Tugas Dukungan (Satgasduk) Logistik, Komunikasi Elektronika (Komlek), Perang Elektronika (Pernika), Kesehatan, dan Pasukan Khusus (Passus).

Pada minggu sebelumnya, tahapan Latgab TNI 2019 telah dilaksanakan Geladi Posko di Kesatrian Sesko TNI di Bandung pada tanggal 26 Agustus s.d. 3 September 2019 yang lalu. Geladi Posko dimaksudkan untuk melatih kesiapan para pelaku latihan dalam merencanakan sebuah operasi militer perang dan menyimulasikannya di atas meja atau lebih dikenal dengan Tactical Floor Game (TFG).

Baca Juga  Danlantamal IV Pimpin Sertijab Kadispen dan Kadissyahal Lantamal IV

TNI Angkatan Udara akan mengerahkan semua alutsista yang dimiliki untuk dilibatkan dalam Latgab TNI 2019, baik alutsista udara seperti pesawat tempur, angkut, helikopter, intai, dan pesawat tanpa awak maupun alutsista dan prajurit Pasukan Khas (Korpaskhas). Berbagai jenis operasi udara akan diujikan dalam latihan ini, untuk melihat tingkat efektivitas dan interoperabilitasnya dengan alutsista matra lain dalam melaksanakan sebuah operasi militer gabungan.

Hadir pada kesempatan tersebut, para pejabat Mabes TNI, Mabesad, Mabesal, Mabesau, Kodiklat TNI, Kostrad, Kodam V Brawijaya, Koarmada II, dan Koopsau II. (Pen)