Press "Enter" to skip to content

Kasal Sematkan Bintang Jalasena Utama Kepada Kasal Pakistan

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., menyematkan Bintang Jalasena Utama kepada Chief of the Naval Staff of the Pakistan Navy Admiral Zafar Mahmood Abbasi NI (M)., saat melaksanakan Courtesy Call di Gedung R.E. Martadinata Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap Jakarta Timur, Jum’at, (31/1) yang disaksikan Wakasal Laksdya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., para Pejabat Utama Mabesal serta Pangkoarmada I.

Penyerahan penghargaan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 6/TK/Tahun 2020 tentang Penganugerahan Tanda Jasa Kehormatan Bintang Jalasena Utama. Bintang Jalasena Utama merupakan medali penghargaan yang dianugerahkan hanya kepada individu dengan kemampuan dan pencapaian khusus dan berkat kontribusi, upaya dan dedikasi yang luar biasa, serta pencapaian melampaui panggilan tugas.

“Penganugerahan Bintang Jalasena Utama oleh TNI Angkatan Laut, sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan tertinggi atas jasa-jasa Laksamana Zafar dalam mendorong kemajuan hubungan antara kedua Angkatan Laut, dan terlebih lagi hubungan kerjasama antara Indonesia dan Pakistan”, ujar Kasal.

Penyematan penghargaan dari pemerintah Indonesia ini dilaksanakan seusai pertemuan yang berlangsung di Ruang Tamu Kasal.

“Saya berharap persahabatan yang sudah sangat lama terjalin antara Pakistan dan Indonesia dapat meningkatkan kerjasama yang lebih intens dan lebih erat”, kata Kasal.

Sementara itu Admiral Zafar mengucapkan terima kasih dan rasa hormat, serta bangga atas penganugerahan penghargaan yang telah disampaikan oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Panglima TNI dan Kasal.

“Pakistan juga ingin meningkatkan kerjasama dengan Indonesia lebih baik lagi dan semakin erat”, tutur Kasal Pakistan yang mengawali karier militernya pada tahun 1981.

Admiral Zafar yang pernah mengenyam pendidikan di Royal Australian Navy Staff College ini mengatakan kegiatan Navy to Navy Talk telah menunjukkan kemajuan kerjasama nyata. Pakistan Navy juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi TNI AL yang selalu berpartisipasi pada Aman Exercise serta akan berpartisipasi pada Multilateral Naval Exercise Komodo 2020 di Indonesia. Admiral Zafar juga berharap dapat meningkatkan kerjasama di bidang Maritime Information Sharing.

Baca Juga  Prajurit TNI AL Harus Terlatih dan Terdidik Untuk Mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju

Seusai pertemuan dengan Kasal, Admiral Zafar melanjutkan kunjungannya ke Brigif-I Marinir, Cilandak.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama istri Kasal Pakistan Mrs. Mahmood Abbasi juga melaksanakan beberapa agenda kegiatan di antaranya ke Galeri Bintarti dan kantor PP Jalasenastri yang disambut langsung Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji yang telah menyiapkan suguhan musik angklung. (Pen)