Press "Enter" to skip to content

Kasal: Melalui Pendidikan, Bangun SDM TNI AL Unggul dan Profesional

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Melalui pendidikan, TNI Angkatan Laut membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan profesional sebagai investasi di masa yang akan datang. Demikian dikatakan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., saat membuka secara langsung workshop Pendidikan TNI Angkatan Laut tahun 2019, bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (19/12).

Workshop yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Disdikal) ini merupakan puncak dari kegiatan untuk mendapatkan rumusan atau formula guna perbaikan serta pengembangan pendidikan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 18 sampai dengan 20 Desember 2019. Sebelumnya telah diberikan pengarahan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Angkatan Laut (Kadisdikal) Laksma TNI Dr. Ivan Yulivan, S.E., M.M., dan disampaikan juga hasil Pra-Workshop, tanya jawab, pembagian tim serta melaksanakan identifikasi/belanja masalah tiap tim.

Workshop Pendidikan TNI Angkatan Laut tahun 2019. (ist)

Pra-workshop sebelumnya telah dilaksanakan di Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya yang merumuskan berbagai permasalahan pendidikan dalam empat klaster yaitu permasalahan doktrin pendidikan sebagai akibat adanya perkembangan pendidikan dan perubahan lingkungan strategis, permasalahan Gadik, Gapendik, dan peserta didik di Lemdik TNI Angkatan Laut dan permasalahan fasilitas pendidikan serta alins/alongins dan perpustakaan.

Lebih lanjut, Kasal menambahkan bahwa pendidikan memberikan suatu pengajaran, pelajaran dan pelatihan untuk menyiapkan investasi jangka panjang. Generasi muda harus memiliki kreativitas dan inovasi yang unggul untuk negara Indonesia. Untuk menjadi SDM yang unggul ada beberapa syarat menurut para pakar yaitu, menguasai teknologi, menguasai bahasa dan memiliki jejaringan.

“Manfaatkan waktu karena dunia berputar dengan cepat, oleh sebab itu tanamkan hal yang terkait dengan nilai-nilai Pancasila sebagai pandangan hidup kita untuk menjalankan hidup dengan baik dan benar. Dalam membangun SDM membutuhkan waktu, pemikiran dan kesabaran yang sangat panjang. Disdikal wajib melakukan pendidikan yang berdasarkan three core values TNI AL yakni disiplin, hirarki dan kehormatan militer”, tegas Kasal.

Baca Juga  Personel Bakamla Terima Kajian KH Ridwan Muhammad Yusuf

Turut hadir pada kegiatan tersebut Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., para pejabat utama Mabesal, para pimpinan Kotama TNI AL, para Kepala Dinas jajaran Mabesal dan para undangan lainnya.(Pen)