Press "Enter" to skip to content

Kapushidrosal Uji Sertifikasi Kompetensi Skema Pengukuran Kedalaman Perairan

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.menjadi Asesor dalam Uji Sertifikasi Skema Pengukuran Kedalaman Perairan. Uji Sertifikasi ini dilakukan terhadap 30 personel Pushidrosal, khususnya Satuan Survei sebagai Unit Teknis pelaksanan survei dan pemetaan hidro-oseanografi.

Uji Sertifikasi yang dilaksanakan di ruang Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Pushidrosal ini dilakukan guna memastikan kompetensi dan untuk mewujudkan SDM surveyor hidro-oseanografi yang handal dan berkualitas. Kegiatan ini dilaksanakan guna mendukung program Pemerintah mewujudkan SDM yang unggul untuk Indonesia Maju.

Uji Kompetensi Pengukuran Kedalaman Peraiaran dirancang untuk menilai kompetensi SDM hidrografi secara praktek, tertulis, lisan, maupun pengamatan. Hasil Proses uji kompetensi yang telah memenuhi persyaratan direkomendasikan sebagai personel yang “Kompeten” dan yang belum memenuhi aturan direkomendasikan “Belum Kompeten”

“Sertifikasi kompetensi terkait erat dengan perkembangan teknologi. Pushidrosal memiliki fungsi strategis didalam pembangunan nasional sehingga sudah selayaknya diperlukan adanya sertifikasi bagi personel pengawaknya. Sertifikasi kompetensi bermakna memberikan pengakuan dan memastikan bahwa setiap personel itu memiliki kompetensi seperti yang disyaratkan dalam bidang pekerjaannya” kata Kapushidrosal

Lembaga Serifikasi Profesi (LSP) Pushidrosal disahkan pada tanggal 17 Januari 2018. Penyerahan Sertifikat LSP dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada Kapushidrosal, selaku Ketua Dewan Hidrografi Indonesia. LSP Pushidrosal merupakan LSP pihak ke 2 yang dibentuk untuk melakukan sertifikasi personel Pushidrosal dan jejaring kerjanya.(rls)

 

Baca Juga  Kolat Koarmada I Bentuk Karakter Siswa Sekolah Al Azhar Melalui Pelatihan Dasar Bela Negara