Press "Enter" to skip to content

Kapushidrosal: Ada Keterlibatan Pushidrosal di Semua Kegiatan Perekonomian Indonesia

Social Media Share

Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro. (red)

JAKARTA, NP –Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menyatakan, semua kegiatan perekonomian di Indonesia ternyata memang ada keterlibatan hidrografi.

“Dan kalau itu tidak diperhatikan, maka ekonomi kita akan melambat. Harapanya, dengan kita (Pushidrosal) semakin maju, maka kita juga bisa mendorong perekonomian Indonesia semakin baik dan kita bisa menjadi bagian dari yang ikut mensejahterakan Indonesia,” kata Kapushidrosal di sela-sela acara Sarasehan Hari Hidrografi Dunia, di Kantor Pushidrosal, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Untuk diketahui, peringatan Hari Hidrografi International tahun 2019 mengambil tema “Hydrographic Information Driving Marine Knowledge”.

Menurut Kapushidrosal, hidrografi bukan hanya sekedar peta dan informasi laut, tetapi  berkontribusi dalam mendukung percepatan pembangunan kemaritiman

“Hidrografi merupakan kunci gerbang perekonomian suatu negara dan merupakan suatu keniscayaan guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,”ujar Kapushidrosal.

Sesuai dengan tugas pokoknya, Pushidrosal berkewajiban menyiapkan serta menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi untuk TNI maupun untuk kepentingan umum.

“Selain untuk kepentingan keselamatan navigasi pelayaran, Pushidrosal mempunyai kewenangan dan legalitas tunggal dalam bidang hidrografi dalam menyediakan data dan informasi hidro-oseanografi berupa peta laut baik peta kertas maupun peta navigasi elektronik dan publikasi nautika,”jelas Kapushidrosal.

Lebih jauh Kapushidrosal mengatakan, sebagai Lembaga Hidrografi Nasional Indonesia, Pushidrosal melaksanakan fungsinya sebagai penanggung jawab untuk memberikan jaminan keselamatan navigasi pelayaran di seluruh wilayah perairan yurisdiksi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai Lembaga Hidrografi Nasional, Pushidrosal merupakan representasi legal dan wakil pemerintah RI dalam keanggotaan resmi organisasi internasional yaitu International Hydrographic Organization (IHO) yang berkedudukan di Monaco dan sekaligus sebagai anggota Komisi Hidrografi Asia Timur atau East Asia Hydrographic Commission (EAHC).

Baca Juga  Lanal Tanjung Balai Karimun Tangkap Kapal Penyelundup Kayu Teki

“Salah satu persoalan pembangunan sektor maritim dan kelautan diantaranya yaitu ketersediaan data Hidrografi. Tanpa data dan informasi hidrografi, tidak mungkin pembangunan kelautan dapat berjalan dengan maksimal,”pungkas Kapushidrosal.(red)