Press "Enter" to skip to content

Kadismatbek Kolinlamil Pimpin Upacara Bendera 17- an

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kepala Dinas Material dan Perbekalan (Dismatbek) Kolinlamil, Kolonel Laut (T) Mochamad Taufiq Hidayat, S.T., M.SI. bertindak sebagai Inspektur Upacara, pada upacara bendera 17 Juli 2019 yang dilaksanakan pada Rabu (17/7) di Lapangan M. Silam, Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pasukan upacara terdiri dari Kompi Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara, Tamtama dan PNS Kolinlamil.
Kadismatbek mewakili Panglima Kolinlamil, Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. yang sedang mengikuti latihan Armada Jaya ke-37 menyampaikan amanat Panglima TNI, bahwa TNI memiliki tugas memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Persatuan dan kesatuan merupakan modal utama bangsa Indonesia, mengingat ke-bhinneka-an yang bangsa Indonesia miliki.
Salah satu hal yang mendasar dalam keberhasilan pelaksanaan tugas pokok TNI, adalah sumber daya manusia yang mendukung. Sebagai alat pertahanan negara, TNI membutuhkan prajurit-prajurit yang profesional. Profesionalisme itu hanya akan bisa dicapai, bila setiap prajurit terdidik dan terlatih dengan baik. Terdidik dan terlatih untuk melaksanakan setiap tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Terlebih tantangan yang akan dihadapi dimasa mendatang akan semakin kompleks. Kompleksitas tersebut menuntut TNI memiliki personel dan satuan yang adaptif. Kita tidak boleh terlena dengan berbagai kemajuan teknologi dan harus dapat mengeksploitasinya demi kemajuan TNI.

TNI tidak lagi dapat bersikap tertutup. Tertutup dari segala perubahan dan kemajuan yang ada. Untuk itu setiap komandan satuan bertanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan anggotanya. “Waspadai upaya memecah belah, radikalisasi, maupun dampak negatif lainnya dari perkembangan lingkungan yang ada” tegas Kadismatbek menyampaikan penekanan Panglima TNI.
Lebih lanjut disampaikan pula niilai-nilai luhur yang menjadi sendi-sendi pengabdian setiap prajurit TNI tidak boleh berubah. Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI harus mengalir dalam setiap hembusan nafas prajurit dimanapun berada dan bertugas. Pelihara dan tingkatkan terus kemanunggalan dengan rakyat. Kemanunggalan TNI dengan rakyat adalah urat nadi Sistem Pertahanan Semesta. Sadari bahwa TNI berasal dari rakyat, berjuang bersama-sama rakyat, demi kepentingan rakyat.

Baca Juga  Kasal Hadiri Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H

Pada upacara 17-an kali ini bertindak sebagai Komandan Upacara Mayor Laut (T) Suryo N. Purnomo, pamen yang kesehariannya berdinas di Dinas Pemeliharaan Kapal (Disharkap).
Turut hadir dalam upacara ini para Kadis/Kasatker dan Komandan KRI yang berada di Pangkalan Jakarta. (Pen)