Press "Enter" to skip to content

Jusuf Kalla Undang Tokoh-tokoh Nasional

Social Media Share

JAKARTA, NP – Walaupun sudah ada seruan baik oleh capres Joko Widodo maupun kubu Prabowo Subianto bahwa mereka siap melakukan rekonsiliasi, tetapi sejauh ini belum ada realisasi kongkritnya.

Sejumlah kalangan dan tokoh, diantaranya adalah BJ Habibie, telah berulangkali meminta agar kedua pihak yang bersaing dalam Pemilu 2019 untuk melakukan rekonsiliasi.

Wakil Presiden Jusuf Kalla bersama sejumlah tokoh nasional saat memberikan keterangan pers seusai pertemuan di rumah dinas Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Kamis (23/05).

Setelah penghitungan cepat oleh beberapa lembaga survei menempatkan keunggulan Jokowi, Capres petahana Joko Widodo telah mengirim utusannya untuk menemui Prabowo, namun belum membuahkan hasil.

Dan ketika kerusuhan pada 21 dan 22 Mei lalu meledak, tuntutan agar dilakukan terobosan untuk memecahkan kebekuan politik kembali dimunculkan.

Kamis (23/05) malam, Wakil Presiden Jusuf Kalla telah memprakarsai upaya lobi dan komunikasi politik dengan mengundang sejumlah politikus dan pimpinan ormas Islam agar pertemuan dua capres itu dapat terealisasi dalam waktu dekat.

Di kediamannya, Kalla mengundang sejumlah politikus, pimpinan dua ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hingga Wakil Presiden ke-6 Try Sutrisno.

Usai pertemuan, Try Sutrisno mengatakan dia meminta agar persatuan dan kesatuan bangsa terus diteguhkan.

“Bangkitlah kita semua, tak ada kalah dan menang. Karena itu, jangan diperpanjang hal yang tidak bermanfaat,” katanya. (BBC/her)

Baca Juga  Bamsoet: Tolak Upaya Mendeligitimasi Hasil Pemilu 2019