Press "Enter" to skip to content

Initial Planning Conference Langkah Awal Pelaksanaan MNEK 2020

Social Media Share

JAKARTA, NP – Asisten Operasi (Asops) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., membuka Initial Planning Conference (IPC) Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) Ke-4 Tahun 2020 bertempat di Hotel Borobudur Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Initial Planning Conference Latihan Bersama Multilateral Naval Exercise Komodo Ke-4 Tahun 2020 ini merupakan salah satu poin penting dalam rangka menyiapkan latihan bersama Multilateral Naval Exercise Komodo Ke-4 yang akan dilaksanakan pada Bulan Agustus Tahun 2020 di Jakarta, Kepulauan Seribu dan Pulau Belitung, Indonesia.

Kegiatan IPC MNEK 2020 dihadiri 21 negara dengan tema “Cooperation To Strengthen International Maritim Security”. Tema ini dapat menyuarakan kepentingan bersama dalam meningkatkan interoperabilitas antar Angkatan Laut untuk menjaga stabilitas keamanan maritim kawasan dengan berbagai kegiatan di darat dan di laut.

Dalam rapat IPC ini dibahas kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada MNEK 2020 antara lain melaksanakan berbagai serial latihan seperti Maritime Interdiction Operations Exercise, Search And Rescue Exercise dan kegiatan interaksi sosial antara personel kapal perang seperti Engineering Civic Action Program, Medical Civic Action Program, Sport Program, Cultural Program dan Exhibition Program.

Asops Kasal menyampaikan bahwa Multilateral Naval Exercise Komodo Ke-4 Tahun 2020 ini merupakan kegiatan yang bersifat kontinu dan rutin yang kita laksanakan 2 tahunan sekali dan ini merupakan kegiatan yang keempat dari MNEK, pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 di Batam, tahun 2016 dilaksanakan di Padang Sumatera Barat, kemudian pada tahun 2018 dilaksanakan di Lombok, dan pada tahun 2020 akan laksanakan di Jakarta, Kepulaaun Seribu dan Kepulauan Bangka Belitung.

“MNEK Tahun 2020 merupakan latihan yang sangat spesial bagi bangsa Indonesia khususnya bagi TNI AL karena bertepatan dengan Perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang Ke-75 (Diamond Jubilee) sehingga latihan ini akan lebih semarak dan memberikan pengalaman dan kesan tersendiri bagi para peserta latihan,” pungkas Asops Kasal.

Baca Juga  Peduli Sentani, Gugah Warga Skouw Ulurkan Bantuan

Turut hadir pada acara IPC MNEK 2020 ini yaitu Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Danguspurla Koarmada I selaku Dansatgas MNEK 2020 Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duta, Pejabat Utama Koarmada I, dan 21 Delegasi negara peserta.(Pen)