Press "Enter" to skip to content

Indonesia dan US Sepakat Tingkatkan Kerjasama Keamanan Maritim

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam menghadapi tantangan keamanan maritim, Indonesia dalam hal ini TNI Angkatan Laut dan United States Pacific Fleet (USPACFLT) sepakat untuk memelihara dan meningkatkan kerjasama salah satunya berupa information sharing. Hal tersebut disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, saat menerima kunjungan Panglima United States Pacific Fleet (USPACFLT) Admiral John C. Aquilino beserta rombongan di Gedung Utama Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (1/7).

Kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang oleh Kasal yang didampingi Kadisopslatal, Kadispamal dan Kadispenal, sekaligus memberi ucapan selamat memperingati Hari Kemerdekaan Amerika Serikat ke 243 yang jatuh pada tanggal 4 Juli 2019 mendatang.

Kasal berharap hubungan baik dan kerjasama yang sudah terjalin selama ini dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi. Kasal juga sangat mengapresiasi atas dukungan Angkatan Laut Amerika Serikat pada kegiatan Rim of Pacific (Rimpac) 2018 di Hawaii dimana saat itu TNI AL mengikutsertakan KRI Makasar-590 dan KRI R.E Martadinata-331.

Sementara itu ucapan terimakasih juga disampaikan Admiral John C. Aquilino kepada Kasal atas kesediaan menerima kunjungannya serta partisipasi TNI AL dalam kegiatan Rimpac 2018 yang mengirimkan 2 kapal dan pasukan Marinir, serta berharap di tahun 2020 dapat tetap ikut berpartisipasi.

Admiral John C. Aquilino juga mengucapkan terima kasih sudah mendukung kegiatan port visit USS Blue Ridge dan USS Patriot di Jakarta beberapa waktu lalu.

Admiral John C. Aquilino merupakan lulusan United States Naval Academy tahun 1984 dan lulusan Harvard Kennedy School’s Executive Education Program bidang Keamanan Nasional dan Internasional serta mendapat gelar Bachelor of Science in Physics. Selain itu dirinya pernah ditugaskan dalam rangka mendukung Operasi Deny Flight, Deliberate Force serta Enduring Freedom dan Iraqi Freedom.

Baca Juga  Satgas Yonif 328, Amankan Pengedar Ganja 900 Gram di Perbatasan RI-PNG

Admiral John C. Aquilino pernah menjabat beberapa jabatan strategis antara lain, Direktur Strategi dan Kebijakan (J5), Komando Pasukan Gabungan Komandan Carrier Strike Group (CSG), Direktur Operasi Maritim serta Panglima Komando Pusat Angkatan Laut. Admiral John menjabat sebagai Panglima Armada Pasifik sejak tanggal 17 Mei 2018. (Pen)