Press "Enter" to skip to content

Diswatpersal Gelar Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji TNI AL 2019

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Diswatpersal) bersama Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI Jakarta, serta Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, menggelar kegiatan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji TNI AL Tahun 2019, di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (21/11).

Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Perawatan Personel Angkatan Laut (Kadiswatpersal) Laksamana Pertama TNI drg. R.A. Nora Lelyana, M.H.Kes., F.I.C.D., ini dilaksanakan dalam rangka menyiapkan para Pembimbing Manasik Haji yang profesional dan nantinya dapat mengantar jamaah haji Indonesia melaksanakan ibadahnya dengan baik dan benar.

Kadiswatpersal saat membuka acara tersebut antara lain mengatakan bahwa penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional karena jumlah jamaah haji Indonesia yang sangat besar dan melibatkan berbagai instansi serta lembaga yang berkaitan dengan berbagai aspek.

Partisipasi masyarakat termasuk TNI AL merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem dan manajemen penyelenggaraan ibadah Haji. “Untuk terlaksananya partisipasi masyarakat dengan baik, diperlukan pengaturan, pengawasan dan pengendalian dalam memberikan perlindungan kepada Jamaah Haji, ” tegas Kadiswatpersal.

Pelaksanaan Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji yang telah dilaksanakan untuk kelima kalinya tersebut diikuti 51 orang peserta yang berasal dari prajurit TNI AL, TNI AD, TNI AU serta instansi lainnya.

Selanjutnya Kadiswatpersal dalam kesempatan itu juga berharap agar seluruh peserta mengikuti tahapan demi tahapan dari awal hingga akhir agar materi yang didapat bisa di praktikkan sebagai Pembimbing Manasik Haji yang mumpuni dalam menghantar jamaah haji menjadi yang mabrur.

Hadir pada kegiatan ini antara lain Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta H. Saiful Mujab, M.A., Tim Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, serta undangan lainnya.(Pen)

Baca Juga  Tim Cakra 19 Siap Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Tanah Jawara