Press "Enter" to skip to content

Cek Kesiapan Tim, Dansatgas SBJ 2019 Pimpin Apel Kelengkapan di KRI Semarang-594

Social Media Share

JAKARTA, NP – Komandan Satuan Kapan Amfibi Kolonel Laut (P) Avianto selaku Komandan Satgas Surya Baskara Jaya (SBJ) 2019 pimpin apel kelengkapan Satgas SBJ di KRI Semarang yang bersandar di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (30/8).

Dansatgas SBJ dalam arahanya menyampaikan bahwa Satgas SBJ 2019 melibatkan 326 orang dengan lokasi kegiatan di di Nias Utara, Gunung Sitoli, dan Nias Selatan.

“Sasaran kegiatan pada SBJ 2019 meliputi melaksanakan pelayanan kesehatan, sosialisasi kepada masyarakat pesisir, pembangunan tempat ibadah masjid, gereja dan sekolah-sekolah. Selain itu, juga akan dilaksanakan kegiatan hiburan, olah raga bersama masyarakat setempat, dan pemberian bantuan kepada masyarakat berupa sembako, peralatan kesehatan, dan buku-buku sekolah,” ujar Kolonel Avianto.

Kegiatan dilanjutkan dengan rapat koordinasi dengan Dansatgas SBJ bersama beberapa Kementrian dan BUMN di KRI Semarang-594 yang bersandar di dermaga JICT II Tanjung Priok. Dalam rapat tersebut dibahas tentang teknis pelaksanaan SBJ yang akan dilaksanakan di Kepulauan Nias yang merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Sail Nias.

Pada rapat tersebut juga dipaparkan bantuan bahan kontak yang sudah diterima oleh Tim Satgas SBJ 2019 dari beberapa BUMN diantaranya Pelindo I berupa 2 unit sanyo, 2 buah genset, 60 lembar seng, dan 105 kaleng cat. Bantuan dari Pelindo II berupa 3 buah genset, 200 sak semen, dan 270 kaleng cat. Himbara menyumbangkan 12 buah genset, 4 dinamo, 2 unit sanyo, dan 6 set sound system. Tim Satgas juga menerima bantuan dari PT Bukit Asam berupa bantuan dana CSR material renovasi dan bantuan dana CSR bakti sosial kemanusiaan.

Sementara itu, bantuan dari beberapa Lembaga Kementrian antara lain dari Kemensos berupa 1.350 paket sembako, alat bantu gerak dan bantu dengar disabiltas, serta alat bantu lansia. Dari Kemendiknas menyerahkan bantuan berupa 150 paket alat sekolah dan seragam SD, 200 paket alat sekolah dan seragam SMP, serta 700 paket alat sekolah, seragam, dan sepatu SMA. YPPI menyerahkan bantuan 140 dus buku bacaan.

Baca Juga  Rancang Sistem Komunikasi Kebencanaan, Pusdikhub Kodiklatad Gelar Seminar

Selain bantuan bahan kontak, Tim satgas SBJ 2019 juga menerima bantuan dari Kemenkes dan KKP berupa penyuluhan klinik mutu dan penyebaran benih ikan nila sebanyak 90.000 ekor.(Pen)