Press "Enter" to skip to content

Bangkitkan Kesadaran Bela Negara Generasi Muda, Unhan Gelar PCTA

Social Media Share

BOGOR, NP – Universitas Pertahanan (Unhan) menyelenggarakan kegiatan Parade Cinta Tanah Air (PCTA) Iomba debat dan Iomba video klip Siswa/Siswi Tingkat SMA/SMK/MA se Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah 1 dan 2 Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan tersebut dalam rangka membangkitkan rasa cinta tanah air dan kesadaran Bela Negara dikalangan generasi muda dengan Tema “Bela Negara Sebagai Pemersatu Bangsa di Era Teknologi 4.0”, yang  dilaksanakan selama dua hari, yaitu pembukaan kegiatan Lomba tanggal 11 dan penutupan 12 September 2019 di Ruang Serbaguna Gedung Auditorium Unhan, Kampus Bela Negara Kawasan IPSC Sentul Bogor. Kamis, (12/9).

Universitas Pertahanan (Unhan) sebagai institusi pendidikan tinggi di bawah Kementerian Pertahanan dan Kemenristekdikti menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, dalam hal ini terkait dengan aspek pengabdian kepada masyarakat.

Unhan terus berpartisipasi secara aktif membantu meningkatkan pengetahuan dan wawasan Bela Negara kepada masyarakat di wilayah Bogor dan sekitarnya melalui program Parade Cinta Tanah Air (PCTA).

Dalam Sambutan  pembukaan Rekor Unhan Letjen TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., MAP yang diwakili oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Unhan Ir. Bennyta Suryo, M.T mengatakan tujuan diadakannya Iomba debat dan video klip bela negara ini tentu saja tidak hanya sekedar sebagai ajang unjuk kebolehan prestasi masing-masing sekolah, namun Iebih dari itu ajang Iomba ini Iebih bertujuan sebagai salah satu wadah untuk seluruh Siswa/Siswi SMA/SMK/MA guna menunjukkan kreatifitas dan prestasi yang dimilikinya.

Suasana lomba debat.(red)

Lomba debat dan video klip bela negara ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu ajang silaturahmi untuk seluruh Siswa/Siswi peserta Iomba dan segenap pendukung, kepala sekolah dan para guru pembimbing dibawah binaan cabang disdik wilayah 1 dan 2 provinsi Jawa Barat.

Baca Juga  Pangkolinlamil Hadiri Doa Bersama Lintas Agama Untuk Pemilu 2019

Selain itu generasi muda akan dapat memanfaatkan sebagian waktunya untuk kegiatan-kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri, Iingkungan sekolah serta Iingkungan keluarga dan masyarakat.

Dengan adanya kegiatan lomba debat dan video klip bela negara ini salah satunya agar para anak-anak generasi muda sebagai generasi penerus bangsa sedikit demi sedikit dapat dibekali kemampuan dan pemahaman pentingnya karakter bangsa dan bela negara, sehingga pada saatnya nanti akan menjadi pemimpin-pemimpin bangsa yang handal yang dapat membawa bangsa dan negara Indonesia menuju yang lebih maju dan lebih bermartabat serta mampu bersaing di kancah dunia internasional.

Selaku Tim Juri Debat diantaranya Kolone| Inf Sammy Ferrijana, S.Sos., M.Si, Kasi pelayanan disdik wilayah 1 Disdik Prov. Jabar Drs. Tatang kurnia, MMpd. mewakili Kepala Cabang Disdik Wilayah 1 Disdik Prov. Jabar, Kolone| Inf Dr. Resmanto Widodo P, 8503., MM, Kolone| Cku Kuswanto, S.H., M.Si, Kolonel Laut (E) Dr. (Cand) Beni Rudiawan., S.E., M.Si (Han), Letkol Caj Dr. Arifuddin Uksan, S.Ag., M.Ag, Kolonel Kes Dr. Ir. Sovian Aritonang, S.Si., M.Si, Drs. Susanto, M.Psi, Kolonel Inf Drs. Hary Agus Sunarto, Kolonel Czi Zainal Muhtar, Kolone| Iangus Mansyah, MHan, Kolone| Arm Dr. (C) Guntur Eko Saputro, S.I.P., MM, selain itu selaku Juri Lomba Video Klip yaitu Kabag Humas dan TU Biro Umum Unhan Sri Murtiana, 3803., MM, Kolone| Sus Dr. Ir. Rudy A.G. Gultom., M.Sc.

Kegiatan PCTA lomba debat dan lomba video klip Siswa/Siswi Tingkat SMA/SMK/MA se Cabang Dinas Pendidikan (Cadisdik) Wilayah 1 dan 2 Provinsi Jawa Barat ditutup oleh Rektor Unhan dalam amanat penutupannya mengatakan, pertahanan negara adalah sumbu utama dalam menangkal hal- hal negatif yang mungkin terjadi dalam menggoncangkan kedaulatan negara, untuk itu landasan utama dalam menjaga kedualatan negara diantaranya pendidikan, dengan adanya lomba ini, diharapakan generasi muda akan dapat memanfaatkan sebagian waktunya untuk kegiatan-kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat baik bagi dirinya sendiri. Iingkungan sekolah serta Iingkungan keluarga dan masyarakat.

Baca Juga  Kolinlamil Juara Umum NOWST Kasal Cup 2019

Sementara itu pengumuman para juara lomba Debat dan Video Clip Siswa-Siswi SLTA dibacakan langsung oleh Rektor Unhan sekaligus menyerahkan hadiah dan piagam kepada para pemenang lomba.

Turut hadir dalam kegiatan ini pejabat Eselon I, ll dan Ill dilingkungan Unhan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kepala Cabang Disdik Wilayah 1 dan 2 Provinsi Jawa Barat, Ketua Musyawarah Kepala SMA/SMK/MA Cabang Disdik Wilayah 1 dan 2. Para Kepala Sekolah Dan Guru Pembimbing. (rls)