Press "Enter" to skip to content

AAU Gelar Seminar Nasional Sains, Teknologi dan Inovasi Indonesia 2019

Social Media Share

JAKARTA, NP -Akademi Angkatan Udara (AAU) yang merupakan lembaga pendidikan pencetak generasi pemimpin masa depan, menggelar acara Seminar Nasional Sains, Teknologi dan Inovasi Indonesia (Senastindo) 2019 di gedung Sabang Merauke AAU, Yogyakarta, Rabu (25/9).

Gelaran Senastindo 2019 yang mengambil tema “Implementasi Sains dan Teknologi dalam rangka mendukung Kemandirian Alutsista pada Revolusi Industri 4.0” ini, dibuka oleh Direktur Pendidikan (Dirdik) AAU Kolonel Pnb Bayu Hendra P., S.E., M.M mewakili Gubernur AAU Marsda TNI Tatang Harlyansyah, S.E., M.M.

Pembukaan yang diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya ini, dihadiri oleh Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti) Profesor Ismunandar, Ph.D, dilanjutkan dengan laporan kesiapan ketua panitia Senastindo 2019 Kolonel Tek Bagus Triprasetyo, S.T.

Dalam sambutan Gubernur AAU yang dibacakan Dirdik AAU disampaikan bahwa Senastindo yang dilaksanakan di AAU merupakan bentuk kesiapan untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dalam menghasilkan produk inovasi yang mampu bersaing didunia Internasional serta mampu membangun kemandirian bangsa dan negara khususnya kemandirian alutsista TNI.

“Seperti diketahui bersama bahwa di era globalisasi yang membawa konsekuensi bagi setiap individu untuk meningkatkan kemampuan, khususnya dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta mengembangkan inovasi untuk memenangkan persaingan dalam revolusi industri 4.0”, seperti dibaca Dirdik AAU.

Lebih lanjut dibacakan bahwa, untuk menghadapi hal tersebut, diharapkan adanya sinergitas industri strategi nasional dengan lembaga-lembaga penelitian dan pengembangan sehingga menghasilkan inovasi dalam rangka mendorong pembangunan nasional.

“Diharapkan para peserta memanfaatkan kesempatan ini untuk menyerap dan menjadikan bekal serta dapat mengaplikasikannya dalam menghadapi dinamika revolusi industri 4.0 yang penuh tantangan”, tuturnya.

Baca Juga  Temu Kangen Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dan Ketum Unsur Dari Masa Ke Masa

Pembukaan secara resmi Senastindo 2019 yang ditandai dengan pemukulan gong ini, menghadirkan sejumlah pakar dibidang sains dan teknologi. Selain Dirjen Belmawa Kemenristekdikti Profesor Ismunandar, Ph.D sebagai Keynote Speaker, juga hadir Direktur Teknologi dan Pengembangan PT. Dirgantara Indonesia Marsma TNI Dr. Ir. Gita Amperiawan, M.Sc.

Lebih menariknya lagi, gelaran ini turut dihadiri oleh Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, M.B.A yang dikenal sebagai salah satu pakar penerbangan, sains dan teknologi.

Dr. Ing Ilham Akbar Habibie, M.B.A yang syarat dengan pengetahuan dan pengalaman dalam dunia penerbangan maupun teknologi ini, didaulat pula menjadi narasumber yang mengisi gelaran Senastindo 2019 yang dimoderatori langsung oleh Kabag Humas dan Protokol UGM Dr. Iva Ariani, S.S., M.Hum.

Gelaran Senastindo 2019 di AAU ini dilanjutkan dengan kegiatan diskusi oleh para peserta seminar serta diselingi kegiatan menembak dan tur seputar ksatrian AAU.(Pen)