Press "Enter" to skip to content

Visi Misi Calon Ketum PSSI Iwan Bule Siap Majukan Sepak Bola Nasional

Social Media Share

Ketua Tim Asistensi Sonhadji.(red)

JAKARTA, NP –  Sejumlah program yang ada di dalam visi misi calon Ketua Umum PSSI Komjen Pol.Mochamad Iriawan atau yang akrab disapa Iwan Bule ini siap memajukan sepak bola nasional. Program tersebut bahkan belum pernah ada sebelumnya di  PSSI.

“Misalnya Pak Iwan nanti akan membuat Data Base. Kan seperti kita ketahui, sudah berapa tahun kita tidak punya data, seperti tentang wasit yang curang, wasit yang berprestasi, pemain si A berapa kali ngegolkan,”kata Ketua Tim Asistensi Sonhadji, saat acara bincang-bincang dengan awak media, di Kantor Lemhannas, Jakarta, Selasa (3/9/2019).

Iwan Bule juga mengaku heran kenapa sampai detik ini PSSI belum punya Home Base. “Sampai sekarang kan kita PSSI gak punya Home Base. Kantornya dimana? Pusat latihannya dimana?  Bagaimana tim nasional kita mau bagus, kalau Home Base nya saja ga punya,”ujar Sonhadji.

Menurut  Sonhadji di dunia mana pun yang namanya klub  timnas, pasti punya Home Base.

“Kalau kita jalan-jalan ke Spanyol ada  Stadion Santiago Bernabeu  Home Base nya  tim sepak bola Real Madrid.  Home Base bisa dibisniskan kok. Kita datang ke stadion tersebut, walau tidak ada pertandingan bola, cuma muter-muter saja, tetapi masuk ke sananya sudah harus bayar. Begitu keluar stadion juga sudah disuguhkan kaos-kaos tim kesebelasan atau souvenir. Itu kan kita beli. Padahal kaos itu buatan Indonesia juga.  Buatan Vietnam, buatan Thailand juga, tapi kan kita ikhlas untuk membelinya,”tutur Sonhadji.

Pak Iwan lanjut Sonhadji juga akan mengubah imej sepak bola Indonesia yang sering dikatakan kayak “barbar”. Seperti mau perang antar suku saja. Ini merupakan salah satu konsen pak Iwan untuk membenahi PSSI melalui pendekatan humanis kepada suporter atau fans.

Baca Juga  Erick Thohir: JK Bertemu Thomas Bach Seriusi Indonesia Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032.

“Suporter ini bukan urusan polisi, bukan urusan pemda, tapi ini urusan PSSI. Namun sayangnya sampai saat ini tidak ada badan di PSSI yang mengurusi suporter atau fans, oleh karenanya salah satu program pak Iwan nanti adalah akan membentuk satu badan entah itu divisi, yang khusus mengurusi suporter,”ungkap Sonhadji.

Badan tersebut nantinya antara lain melakukan pendekatan kepada para suporter, semisal akan mempertemukan suporter pada situasi lain, semisal di puncak, outbond, main-main, dan rekreasi.

“Disana dibuat satu game. Kalau, mereka sudah happy seperti itu, nanti kalau mereka ketemu di lapangan hijau, mereka sudah saling kenal. Suasana akan terjalin akrab, sehingga tidak ada lagi kerusuhan bila ada pertandingan sepakbola,” ujar Sonhadji.

Seperti diketahui PSSI akan menggelar Kongres Pemilihan Ketum dan anggota Komite Eksekutif 2 November. Sejauh ini Komjen Pol M Iriawan menjadi salah satu calon yang paling gencar menggelar kampanye ke beberapa daerah Indonesia.(red)