Press "Enter" to skip to content

Pangkolinlamil Lepas Race Pertama Cabor Dayung Navy Open Water Sports Tournament 2019

Social Media Share

JAKARTA, NP – Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, menghadiri pembukaan Olahraga Perairan Navy Open Water Sports Tournament (NOWST) 2019 di IJBA (Indonesia Jet-Sport Boating Association) Taman Impian Jaya Ancol, Tanjung Priok, Jakarta Utara, selanjutnya melepas race pertama nomor lomba dayung perahu naga, Selasa (23/7).

Dayung merupakan salah satu nomor cabang olahraga dalam turnamen yang dibuka langsung Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

Ada 5 (lima) cabang olahraga air yang dipertandingkan dalam kejuaraan tersebut, yakni Layar, Dayung, Selam, Jetski, dan Ski Air.

Kolinlamil mengikuti 3 (tiga) cabang olahraga air yaitu Dayung, Selam, Ski air dan Layar dengan melibatkan 60 atlet (50 putra dan 10 putri). Dalam sambutannya, Kasal mengatakan bahwa Kegiatan turnamen ini merupakan wujud nyata TNI AL dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan wilayah laut Indonesia, membina potensi maritim nasional dengan mewadahi dan membina olahraga perairan.

“Dengan adanya turnamen ini, diharapkan bisa mewujudkan kemanunggalan TNI AL dengan rakyat, khususnya masyarakat maritim serta mewujudkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan potensi dan sumber daya maritim” tandas Kasal.

Lebih jelas dikatakan bahwa dalam turnamen ini, menjadi juara bukanlah tujuan utama, namun hendaknya kejuaraan ini dimaknai sebagai semangat mengembangkan dan memasyarakatkan olahraga perairan di Indonesia, memacu prestasi para atlet olahraga perairan prajurit TNI AL dan masyarakat maritim ditiap daerah secara nasional maupun internasional.

“Tetap bermain dengan sportif, landasi dengan prinsip fair play dan tunjukan performa terbaik demi meraih prestasi sebagai atlet yang professional” ujar Kasal menegaskan.

Kegiatan Pekan Olahraga Perairan “Navy Open Water Sports Tournament 2019” dimulai hari ini (23/7) dan berakhir pada Sabtu (27/7) di Ksatrian Pondok Dayung yang dimeriahkan adanya Bazar dan Naval Base Open Day yang dapat dihadiri oleh masyarakat umum.

Baca Juga  Serangan di Selandia Baru: Liga Primer dan FA Dituduh Terapkan Standar Ganda

Para atlet tersebut akan berlaga selama lima hari di empat lokasi berbeda di wilayah Jakarta yakni Pantai Ancol, Danau Sunter, Pondok Dayung, dan Pantai Mutiara.

Panglima Kolinlamil berharap melalui lomba dayung ini akan melahirkan atlet-atlet dayung yang kelak akan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional. Hal tersebut disampaikan usai melepas race pertama nomor lomba dayung perahu naga pada _Naval Open Water Sport (NOWS) Tournament._

Kegiatan olahraga ini selain melibatkan TNI Angkatan Laut juga melibatkan pemerintah daerah DKI Jakarta dan dari instansi lainnya baik dari Kemenpora, IJBA, POSSI, PORLASI, PODSI, PSAWI serta masyarakat umum lainnya. (Pen)