Press "Enter" to skip to content

Bintang Bola Wanita Amerika Kecam FIFA: Tuntut Kesamaan Hak Pria dan Wanita

Social Media Share

NEW YORK,  NP- Kurang dari dua minggu jelang Piala Dunia Wanita, bintang Amerika Serikat Megan Rapinoe mengecam kepemimpinan FIFA karena tidak berbuat cukup banyak untuk menyamakan kedudukan pemain pria dan wanita. 

Rapinoe dan pasukan wanita AS akan memburu kejuaraan keempat ketika Piala Dunia membuka tirai di Prancis, 7 Juni. ‘

Meskipun sepakbola wanita di negara ini sangat dihargai dan berada di posisi tinggi, para pemain mereka percaya bahwa layanan yang diberikan kepada wanita tidak sama dengan rekan pria mereka.

“Dengan sumber daya dan kemampuannya, saya pikir FIFA perlu melakukan perubahan. Saya percaya mereka tidak bekerja cukup keras,” katanya pada konferensi pers di New York, Minggu (26/5).

FIFA telah menaikkan hadiah kemenangan keseluruhannya dari US $ 15 juta (US $ 30 juta) menjadi US $ 30 juta (2015). Juara tahun ini akan membawa pulang $ 4 juta (US $ 4 juta) melawan US $ 2 juta ketika Rapinoe membantu AS memenangkan juara pada tahun 2015.

Namun, Rapinoe mengatakan itu bukan semata-mata kemenangan hadiah, tetapi diinvestasikan dalam olahraga wanita, termasuk mengubah sistem. Rapinoe juga mengkritik FIFA karena menjadwalkan dua juara regional (pria) pada hari yang sama Piala Dunia Wanita berlangsung, dan itu berpotensi dapat menarik penonton. “Itu tidak masuk akal dan mengecewakan, jujur,” katanya. (reuters/uol/her)

Megan Rapinoe (kanan) bersama Carli Lloyd (kiri) dan Alex Morgan dalam sidang akhbar skuad bola sepak wanita AS di New York, baru-baru ini. (AFP/uol)

Baca Juga  Lewis Hamilton Bejaya di GP Monaco