Press "Enter" to skip to content

Wakasal Pimpin Apel Pemeriksaan Kendaraan Dinas Jajaran Mabesal

Social Media Share

JAKARTA, NP – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto, S.Sos., M.Si., secara langsung memimpin apel pemeriksaan kendaraan dinas (randis) Satuan-satuan Kerja (Satker) di jajaran Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal) bertempat di Lapangan Apel Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (6/2).

Pemeriksaan ratusan randis ini, digelar dalam rangka kelanjutan Bulan Trisila yang sudah di laksanakan sebagai implementasi peningkatan disiplin bagi Prajurit TNI Angkatan Laut di lingkungan Mabesal, terutama para pengemudi dan pengawak randis TNI Angkatan Laut.

Pada kesempatan tersebut, Wakasal memeriksa kendaraan dinas, mulai dari mobil para Pejabat, minibus, truk, kendaraan pemadam kebakaran, mobil dan motor kawal, kendaraan pasukan dan kendaraan ambulance. Kendaraan-kendaraan tersebut dikumpulkan untuk dicek kondisi dan kelengkapannya mulai dari kelengkapan kendaraan roda dua, roda empat, surat kendaraan, SIM pengemudi, klakson, spion, lampu, plat nomor, kondisi mesin, buku sakit kendaraan dan kebersihan kendaraan serta kelayakan kendaraan itu sendiri.

Dihadapan para pengawak kendaraan dinas, Laksamana Madya TNI Mintoro Yulianto antara lain mengingatkan bahwa para pengemudi randis wajib melaksanakan pengecekan kendaraan secara rutin per periode, melaksanakan pembersihan kendaraan, melaksanakan perbaikan ringan terhadap kelengkapan kendaraan, melaksanakan disiplin mengendarai kendaraan dinas secara tertib lalu lintas, menjaga kehormatan TNI Angkatan Laut untuk tidak melanggar aturan lalu lintas. Kemudian juga senantiasa menjadi contoh bagi masyarakat dalam tertib berlalu lintas dan menjaga kehormatan institusi TNI Angkatan Laut di jalan raya.

Di sampaing itu, beberapa penekanan yang disampaikan Wakasal di antaranya, berpakaian dinas lengkap dalam mengemudi selama jam dinas, tidak memberikan contoh atau provokasi kepada masyarakat umum untuk melanggar aturan berlalu lintas, tidak terpancing emosi ketika kendaraan didahului oleh kendaraan lain. Selanjutnya bagi pengendara Walmor VIP senantiasa bersikap sopan santun dan memberikan apresiasi kepada kendaraan yang akan didahului dan tidak menggunakan strobo (lampu kedip) dengan sirine secara arogan, menyesuaikan dengan ketentuan konvoi dalam berlalu lintas di jalan raya. (Pen)

Baca Juga  Kowal Pangkalan Utama TNI AL II Padang Anjangsana Ke Kowal Angkatan Pertama