Press "Enter" to skip to content

Vaksinasi Warga Benawa, Satgas Yonif 755/Yalet Cegah Penyakit Cacingan di Merauke

Social Media Share

JAKARTA, NP – Tingginya angka penderita penyakit cacingan yang diderita anak-anak dan orang tua di Merauke, mendorong Satgas Yonif 755/Yalet menggelar vaksinasi gratis bagi warga Benawa.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 755/Yalet Kostrad, Mayor Inf Agus Rediyanto, S.E., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Jumat (12/7/2019).

Menurutnya, resiko penyakit cacingan tidak hanya dialami oleh anak-anak namun dialami juga oleh orang dewasa.

“Kebersihan yang tidak terjaga atau lingkungan yang kotor merupakan salah satu faktor yang dapat mempermudah penyebaran infeksi cacingan,” ujarnya.

Dijelaskan Dansatgas, Distrik Benawa yang merupakan wilayah terpencil, minim akses transportasi, dan rendahnya SDM masyarakat menjadi penyebab utama, mudahnya anak-anak dan orang tua rentan terhadap penyakit cacingan.

“Melihat kondisi ini, Pos Satgas Yonif 755/Yalet Kostrad yang berada di Benawa dibantu oleh Puskesmas Pembantu (Pustu) Kesehatan memberikan vaksinasi gratis sebagai langkah awal pencegahan penyakit cacingan di beberapa wilayah Distrik Benawa,” terangnya.

Mencegah cacingan, kata Agus Rediyanto, perlu menjaga kebersihan diri dengan mandi, memotong dan membersihkan kuku, memakai alas kaki, dan menutup makanan untuk terhindar dari penyakit.

“Karena apabila tidak segera dicegah dan diobati dengan benar, maka penyakit ini dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang akan lebih berat,” tegasnya.

Sementara itu, Margaretta (16), siswi SMP Negeri 1 Benawa mengungkapkan, rasa senang ketika Satgas datang ke sekolahnya memberikan vaksin ini.

“Semoga dengan diberikannya vaksin ini, kami terhindar dari penyakit cacingan,” sahutnya.

Di sesi lain Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Benawa, Marten Maguruak (46), mengucapkan terima kasih kepada personel TNI dan petugas kesehatan setempat yang telah memberikan perhatiannya kepada masyarakat.

“Dengan kepedulian ini, kesehatan masyarakat akan terus membaik dibawah bimbingan bapak TNI sekalian,” pungkasnya. (Pen)

Baca Juga  Sukseskan Ketahanan Pangan, Serka Asngari Aktif Motivasi Petani

Vaksinasi Warga Benawa, Satgas Yonif 755/Yalet, Cegah Penyakit Cacingan di Merauke