Press "Enter" to skip to content

Turut Lestarikan Budaya Lokal, Satgas Yonmek 643/Wns Ramaikan Gawai Dayak

Social Media Share

SANGGAU, NP – Dalam rangka turut serta melestarikan kebudayaan masyarakat Dayak, Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns ikut meramaikan acara gawai Dayak di Lubuk Sabuk, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau tadi malam.

Hal ini disampaikan Komandan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto pada hari ini di Pos Kotis Entikong. Disampaikan, Gawai Dayak merupakan tradisi masyarakat Dayak yang tetap dilestarikan sampai saat ini dan diselenggarakan secara rutin setiap tahun sebagai bentuk rasa syukur atas melimpahnya hasil panen padi pada saat itu.

Dansatgas Pamtas juga menyampaikan, tahun ini Desa Lubuk Sabuk mengadakan gawai Dayak di Lapangan Sepak Bola Desa Lubuk Sabuk yang dihadiri oleh Danpos Pamtas Lubuk Sabuk, Sertu Nur Choiril, Kepala Desa Lubuk Sabuk, Tumenggung dan Tokoh masyarakat Lubuk Sabuk.

“Gawai adalah merupakan tradisi asli masyarakat Dayak yang harus dilestarikan dan tidak boleh hilang seiring dengan perkembangan jaman,” kata Dansatgas Pamtas Yonmek 643/Wns dikutip dari rilis Pendam XII/ Tpr.

Lanjutnya, dalam acara gawai tersebut Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns turut berpartisipasi dengan menampilkan tarian tradisional Dayak juga ikut memberikan atraksi pencak silat dari perguruan silat PSHT yang merupakan binaan Pos Lubuk Tengah.

“Harapan kami tradisi ini dapat terus dilestarikan dan ini merupakan sarana mendekatkan Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns dengan masyarakat Desa Lubuk Sabuk,” tandasnya.

Sementara itu, Bapak Jamin Kepala Desa Lubuk Sabuk mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas partisipasi Satgas Pamtas Yonif Mekanis 643/Wns pada kegiatan gawai Dayak tahun ini.

“Semoga melalui gawai ini semakin terjalin kedekatan antara Satgas Pamtas dengan masyarakat Desa Lubuk Sabuk,” tutup Jamin. (pen)

Baca Juga  Pangdam XII/Tpr Buka Puasa Bersama Dengan Forkopimda se-Kalteng