Press "Enter" to skip to content

TNI AL Sukses Gelar Bhakti Sosial Kesehatan Hari Nusantara 2019 Di Kota Pariaman

Social Media Share

JAKARTA, NP – TNI Angkatan Laut sukses menggelar Bhakti Sosial Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Nusantara Tahun 2019 yang berlangsung selama dua hari tanggal 11 dan 12 Desember 2019 di MTSN 01 Pariaman yang dibuka secara resmi dibuka oleh Komandan Lantamal II Laksma TNI Dafit Santoso.

Kepala Bidang Bhakti Sosial Kesehatan yang dipimpin oleh Kadiskes Koarmada I Kolonel Laut (K) dr. Gigih Imanta Jayantri, Sp.PD, FINASIM,. M.M., menyampaikan bahwa jenis dan sasaran kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan ini antara lain pelayanan kesehatan umum dengan target 2000 pasien, pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan target 300 pasien, pelayanan KB dengan target 100 akseptor, pelayanan donor darah dengan target 100 pasien, pelayanan khitanan dengan target 300 pasien, dan pelayanan kacamata baca dengan target 1000 kacamata.

Sementara itu, Komandan Lantamal II menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini dilakukan untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dengan mewujudkan semangat kepedulian, kebersamaan dan solidaritas serta mempererat hubungan masyarakat dengan masyarakat pariaman.

“Pelaksanaan Hari Nusantara ini merupakan perwujudan dari Deklarasi Djuanda yang dianggap sebagai deklarasi kemerdekaan Indonesia kedua. Melalui deklarasi tersebut, Indonesia merajut dan mempersatukan kembali wilayah dan lautannya yang luas, menyatu menjadi kesatuan yang utuh dan berdaulat,“ ungkapnya.

Pada pelaksanaan Bhakti Sosial Kesehatan ini, Tim Kesehatan berhasil melayani masyarakat sebanyak 3.413 orang dengan rincian Poli Umum 1.355 orang, Poli Gigi 187 orang, Donor darah 92 orang, Khitan 238 orang, Kacamata Baca 1.000 orang, KB 109 orang, IVA Test 14 orang, Pemeriksaan Pap Smear 25 orang, Pemeriksaan PTM (gula darah, kolesterol dan asam urat) 298 orang.

Baca Juga  Kodim 1207/BS Gelar Komsos Bersama Forkompimda Pontianak dan Kubu Raya

Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan ini melibatkan sebanyak 168 personil terdiri dari TNI AL, TNI AD, TNI AU, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional), PMI (Palang Merah Indonesia), dan Yayasan Budha Tzu Chi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Pariaman, Wakil Walikota Pariaman, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Kepala Dinas Kesehatan Lantamal II, Detasemen Kesehatan Sumbar, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Ketua GOW Kota Pariaman, serta Forkopimda Kota/Kabupaten, Provinsi Sumbar dan SOPD terkait.(Pen)