Press "Enter" to skip to content

TMMD Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Sintang

Social Media Share

SINTANG, NP – Selaku Komandan Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (Dansatgas TMMD) ke-105, Komandan Kodim 1205/Sintang, Letnan Kolonel Inf Rachmat Basuki melaksanakan pengawasan langsung pembangunan peningkatan jalan sepanjang 9 Km dari desa Benua Kencana ke Desa Riam Batu di Kecamatan Tempunak, Kabupaten Sintang.

Dansatgas TMMD ke-105, Letnan Kolonel Inf Rachmat Basuki saat melakukan pengawasan di lokasi TMMD menyampaikan, jalan sepanjang 9 Km dengan lebar 8 meter, saat ini tengah dilakukan perbaikan oleh Satgas TMMD ke-105 Kodim 1205/Sintang dalam rangka untuk mempermudah aktifitas warga.

“Jalan ini menghubungkan Desa Riam Batu dengan Desa Benua Kencana, dengan dilakukan peningkatan oleh Satgas TMMD diharapkan dapat mempercepat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di kedua desa tersebut,” terang Dansatgas TMMD, Letnan Kolonel Inf Rachmat Basuki.

“Dengan infrastruktur yang baik akan mempermudah masyarakat membangun wilayahnya sendiri,” tambahnya.

Disampaikan juga, selain melaksanakan kegiatan fisik peningkatan jalan, Satgas TMMD Kodim 1205/Stg selama ini juga melakukan kegiatan non fisik, salah satunya adalah pembinaan terhadap generasi muda di lokasi TMMD. Yaitu dengan memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada siswa-siswi SMPN 8 Tempunak. Juga memberikan dan melatihkan tentang Peraturan Dasar Baris-Berbaris.

“Kegiatan ini bertujuan agar para pelajar SMPN 8 Tempunak semakin cinta tanah air, memiliki jiwa patriotisme yang tinggi dan kedisiplinan yang kuat,” ujar Dandim 1205/Stg.

Selain itu juga Satgas TMMD mengajarkan kepada para pelajar SMPN 8 Tempunak tentang pentingnya sikap gotong royong. Dengan mengaplikasikan langsung dilapangan, para pelajar diajak Satgas TMMD untuk melaksanakan gotong royong pembuatan saluran air resapan di lingkungan sekolah.

“Semangat gotong royong sebagai roh dari kegiatan TMMD sangat penting ditanamkan sejak dini pada mereka sehingga pelajar mengetahui manfaat dari gotong royong dan menciptakan lingkungan yang sehat,” kata Dandim 1205/Stg.

Baca Juga  Delegasi Bangladesh Belajar Peternakan di BBIB Singosari

Dikatakan oleh Dandim 1205/Stg untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat di lokasi TMMD, Satgas TMMD selama dalam kegiatan ditempatkan dan tinggal sementara di rumah-rumah warga. Selain itu juga melaksanakan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Satu diantaranya dengan olah raga bersama.

“Melalui olah raga bersama Satgas TMMD dapat menjalin kedekatan dengan masyarakat sekaligus sebagai hiburan juga untuk menjaga kondisi fisik personel Satgas,” jelas Letnan Kolonel Inf Rachmat Basuki.

Bapak Abet salah satu warga yang turut mendampingi Dandim 1205/Stg saat melaksanakan pengawasan mengucapkan terimakasih kepada TNI yang telah memilih wilayahnya menjadi sasaran dari program TMMD.

“Saya sampaikan banyak terimakasih kepada Bapak TNI yang bekerja memperbaiki jalan di desa kami, sehingga nantinya akan mempermudah aktivitas warga disini,” ungkap Bapak Abet.

Sementara itu, Kepala Sekolah dan para Guru SMPN 8 Tempunak mengucapkan terima kasih banyak kepada Satgas TMMD Kodim 1205/Sintang yang sudah memberikan materi Wasbang, Bela Negara dan pelatihan PBB kepada murid-murid di sekolahnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu serta pengalaman siswa-siswi SMPN 8 Tempunak,” tutupnya.(Pen)