Press "Enter" to skip to content

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Jiwa, Kasau Resmikan Paviliun Psikiatri di RSPAU dr. Hardjolukito

Social Media Share

YOGYAKARTA, NP – Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., meresmikan Gedung Paviliun Psikiatri dan Gedung Pemeliharaan Fasilitas (Harfas) Rumah Sakit Pusat Angkatan Udara (RSPAU) dr. Hardjolukito, Yogyakarta, Minggu (3/11/2019).

Dalam sambutannya Kasau menyampaikan bahwa penyakit stres saat ini menurut data World Health Organization (WHO) menduduki peringkat kedua penyakit mematikan setelah penyakit kardiovaskuler. Oleh karena itu saya menyambut baik dibangunnya paviliun psikiatri dan gedung harfas ini.

“Saya menyambut baik prakarsa Kepala RSPAU Hardjolukito yang membangun paviliun psikiatri dan gedung harfas, guna mengantisipasi pasien khususnya bagi personel TNI Angkatan Udara, TNI, dan masyarakat khususnya di wilayah Yogyakarta yang mengalami gangguan jiwa atau stres sehingga dapat direhabilitasi dan disembuhkan masalah kejiwaannya,” ujar Kasau.

Kasau berharap, diresmikannya paviliun psikiatri dan gedung harfas dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Pgs. Sekda DIY Arofah Noor Indriani mengatakan banyak masyarakat, khususnya di kota Yogyakarta mengalami depresi sehingga perlu perawatan kejiwaan.

“Di wilayah Yogyakarta sendiri ada rumah sakit yang khusus mengobati orang yang mempunyai masalah kejiwaan yakni RS. Grhasia, namun fasilitasnya belum selengkap fasilitas yang ada di Paviliun Psikiatri RSPAU dr. Hardjolukito sehingga diharapkan dapat membantu masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya untuk berobat,” kata Arofah.

Acara peresmian diawali dengan sambutan Kepala RSPAU dr. Hardjolukito Marsekal Pertama TNI dr. Djunadi MS., Sp.KP., dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Kasau dan pengguntingan pita yang didampingi oleh Ketua Umum Pia Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna.

Selanjutnya Kasau beserta Ketum Pia Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna dan rombongan meninjau paviliun psikiatri dan gedung harfas RSPAU Hardjolukito.

Baca Juga  Hargai Jasa Pahlawan, Kapaldam XII/Tpr Pimpin Ziarah Rombongan

Turut mendampingi Kasau, Aspers Panglima TNI, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, Pangkohanudnas, Pangkoopsau I, II, dan III, Dankodiklatau, Dankoharmatau, Dankorpaskhas, Danseskoau, Gubernur AAU, para Kadis jajaran Mabesau, Danlanud Iswahjudi, Suryadarma, Abdulrachman Saleh, dan seluruh pejabat RSPAU Hardjolukito.

Usai peresmian Paviliun Psikiatri dan Gedung Harfas RSPAU Hardjolukito, Kasau berkesempatan untuk melakukan peresmian Sierra Lounge, bertempat di Wingdikterbang Lanud Adisutjipto, Yogyakarta. (Pen)