Press "Enter" to skip to content

Tatap Muka Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena I Dengan Kowal Koarmada I Dan Lantamal III

Social Media Share

JAKARTA, NP – Sebagai seorang istri Panglima Koarmada I, Ibu Fera Muhammad Ali memiliki tugas dan tanggung jawab jabatan diantaranya adalah sebagai Ketua Daerah Jalasenastri Armada I, yang bertanggung jawab terhadap pembinaan istri-istri prajurit TNI AL yang berada dibawah jajaran Armada I. Disamping itu seorang Istri Panglima Koaramada I juga memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai ibu Catraratnanggadi Jalakayasena I yakni Ibu Asuh bagi prajurit wanita TNI AL yakni Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) sebagai perpanjangan tangan ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena yakni istri Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) di jajaran Koarmada I. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh Ibu Catraratnanggadi Jalakanyasena I yakni melaksanakan tatap muka dengan Kowal Koarmada I dan Lantamal III serta Jalasenastri Armada I bertempat di Lounge RI Matjan Kumbang Mako Koarmada I, Senin (27/1/2020).

Dalam sambutannya, Ibu Catra Ratnanggadi Jalakanyasena I menyampaikan bahwa sudah menjadi kodrat bagi seorang wanita untuk memiliki berbagai peran, baik sebagai ibu rumah tangga, anggota masyarakat maupun wanita karier sehingga tidak dapat menghindari peran ganda. Untuk itu, diharapkan mampu membagi waktu dengan baik sehingga semua peran dapat berjalan dengan skala prioritas masing-masing sepanjang komunikasi berjalan dengan baik.

“Para Kowal diharapkan mampu memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh negara yang secara struktural dan kultural tidak membedakan tugas, peran dan fungsi berdasarkan pertimbangan gender atau jenis kelamin,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Catra Ratnanggadi Jalakanyasena I selaku Ibu Asuh Kowal Jajaran Koarmada I menyampaikan beberapa pesan yang harus dipedomani dalam bertugas yakni agar para Kowal meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa agar setiap niat, upaya dan pelaksanaan tugas yang diemban selalu mendapat bimbingan, petunjuk dan kemudahan. Selain itu, agar mengembangkan potensi diri (IQ, SQ dan EQ) secara serasi dan seimbang sebagai modal utama meniti karier yang setinggi-tingginya, melalui peningkatan profesionalisme sesuai bidang masing-masing.

Baca Juga  Upacara Purna Tugas Prajurit Dan PNS Lanal Bandung

Ibu Catra Ratnanggadi Jalakanyasena I juga berpesan agar para Kowal memelihara dan meningkatkan disiplin, motivasi dan daya saing melalui kerja keras dan kerja cerdas yang optimal agar mampu tampil sebagai wanita karir yang berkualitas.

“Diharapkan Kowal juga pandai dan bijaksana dalam mengatur waktu agar mampu mengaktualisasikan diri secara optimal dan serasi serta dapat mengemban peran ganda wanita sebagai ibu rumah tangga dan sebagai wanita karier dengan sebaik-baiknya, serta menjaga kehormatan diri, keluarga dan institusi TNI pada umumnya khususnya Koarmada I,” pesannya.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan ramah tamah dengan dihadiri 91 orang Kowal dan 19 orang Ibu Jalasenastri.

Acara dihadiri oleh Ibu Catra Ratnanggadi Jalakanyasena I, Wakil Ketua Jalasenastri beserta Pengurus Daerah Jalasenastri Armada I, Pater Kowal Koarmada I beserta Prajurit Kowal Mako Koarmada I dan KRI, Pater Kowal Lantamal III beserta perwakilan Kowal Lantamal III.(Pen)