Press "Enter" to skip to content

Serbuan Teritorial Satgas Yonif RK 136 Sehatkan Lingkungan Warga Saparua

Social Media Share

JAKARTA, NP – Untuk mewujudkan lingkungan yang bersih sehingga tercipta masyarakat sehat dan sejahtera. Satgas Yonif RK 136/TS membangun tiga unit jamban di Kecamatan Saparua Timur.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 136/TS Letkol Inf Hasbul Hasyiek Lubis dalam rilis tertulisnya di Maluku Tengah, Minggu (21/7/2019).

Dikatakan Dansatgas, pembangunan fasilitas pendukung kesehatan berupa jamban, merupakan hasil kerja sama antara Satgas dengan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil).

‘’Kegiatan tersebut, merupakan salah satu program TNI AD, dikenal dengan ‘Serbuan Teritorial’ yaitu Jambanisasi. Pada pelaksanaannya, Satgas bersama Koramil Saparua mewujudkan program tersebut,’’ ujarnya.

‘’Koramil Saparua menyediakan bahan bangunannya, sementara Satgas melalui Pos Sirisori, membantu dalam pengerjaannya,” terangnya.

Menurutnya, program jambanisasi di wilayah Saparua Timur tersebut, sangat membantu warga.

‘’Ini merupakan sasaran yang ingin dicapai. Dimana tujuan pembangunannya diperuntukan bagi warga kurang mampu,’’ ucapnya.

‘’Selain itu juga, untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera, terutama wilayah Kecamatan Saparua Timur,” pungkasnya.

Sementara itu, Danpos Sirisori, Sertu Edi Purnomo mengatakan, sejumlah tiga unit jamban akan dibangun sesuai sasaran lokasi yang telah ditetapkan Koramil Saparua.

“Ketiga wilayah tersebut diantaranya, rumah Nell warga Negeri Sirisori Serani, rumah Saifudin Saimima warga Sirisori Islam serta Lattu warga Negeri Ulath,’’ terangnya.

‘’Kita berharap, melalui program ini, kedepannya, masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan,’’ tutup Edi.

Terpisah, salah satu penerima bantuan, Saifudin Saimama, mengucapkan rasa terima kasih kepada Pos Sirisori dan Koramil 1504-03 Saparua yang telah membangun jamban.

“Terima kasih Koramil Saparua, yang telah membantu bahan bangunan. Dan juga bapak-bapak TNI dari Pos Sirisori yang telah membantu pengerjaannya hingga selesai,’’ ucapnya.

Baca Juga  Pangdam dan Kapolda Pimpin Apel Konsolidasi Operasi "Ketupat Kapuas 2019" dan Kesiapan Pam Sidang PHPU

“Kami merasa sangat senang atas bantuan yang diberikan. Sekarang, kami tidak perlu lagi menggunakan jamban umum, yang sudah tidak layak digunakan,” tandasnya. (Pen)