Press "Enter" to skip to content

Sendhang Bharata, Atasi Krisis Air di Yunggwi

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kasihan melihat mama-mama kesulitan air bersih, Satgas Yonif MR 412/BES melintasi lembah dan tebing curam selama enam jam untuk membangunkan instalasi air, Sendhang Bharata di Kampung Yunggwi, Distrik Wanwi, Kabupaten Puncak Jaya.

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Yonif MR 412/Kostrad Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan dalam rilis tertulisnya, di Puncak Jaya, Sabtu (27/4/2019).

Diungkapkan oleh Dansatgas, salah satu permasalahan di beberapa distrik di Kabupaten Puncak Jaya saat ini adalah minimnya instalasi air, yang berfungsi untuk distribusi air bersih ke pemukiman warga.

“Seperti halnya yang kita temui, saat Pos Kalome, Kipur C melaksanakan patroli keamanan pada Maret 2019 lalu, diperoleh keterangan bahwa di Distrik Wanwi, warga Kampung Yunggwi mengeluhkan kesulitan air bersih,” ungkapnya.

“Untuk mendapatkannya (air bersih), selain mengandalkan air hujan, mama-mama harus berjalan kaki sejauh 800 meter menuju mata air dan melintasi tanah yang rapuh dan rawan longsor,” terangnya.

Atas laporan tersebut, lanjut Eko, Satgas merencanakan pembangunan instalasi air bersih dengan menyiapkan material seperti selang dan drum penampungan air.

“Setelah personel dan materiil siap, Danpos Kalome beserta anggotanya diberangkatkan untuk membangun instalasi air tersebut,” ujar Eko.

“Tim melintasi lembah dan tebing yang curam serta terjal menuju lokasi. Bekerja sama dan bergotong royong dengan warga, melintasi sungai tak berjembatan. Kini instalasi air bersih yang kita namakan Sendhang Bharata telah tersedia di sana,” tegasnya.

“Seperti halnya kita, mama-mama atau ibu merupakan sosok yang sangat kita kagumi dan sayangi. Tentu kita tidak tega melihat mama-mama kesulitan mengambil air, melintasi medan yang sulit dan rawan longsor,” tutur Eko.

“Selaras dengan komitmen Satgas kami sejak awal, eksistensi diri harus dapat memberikan manfaat bagi alam semesta. Pembangunan instalasi air ini merupakan implementasi dari nilai tersebut, konkret kebermanfaatan bagi saudara sebangsa dan setanah air,” imbuhnya.

Baca Juga  Pertama Kalinya Kapal Cruise Sun Princess Sandar di Dermaga Gilimas Lombok

Terpisah, Mentinus Kogoya, Kepala Kampung Yunggwi merasa senang atas pembangunan instalasi air bersih yang dilakukan Satgas.

“Terima kasih kami ucapkan kepada bapak-bapak dari Satgas khususnya Pos Kalome, yang telah membangunkan instalasi air bersih di kampung kami. Kini sumber air sudah dekat, mama-mama bisa ambil air bersih tanpa takut tanah longsor,” tutupnya. (pen).