Press "Enter" to skip to content

Sekdispenal Tutup Kursus Penulisan Jurnalistik TNI AL

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Sekretaris Dinas Penerangan Angkatan Laut (Sekdispenal) Kolonel Laut (E) Nevy Dwi Soesanto, mewakili Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, menutup Kursus Penulisan dan Jurnalistik Tahun 2019, di Gedung B4 Lt. 1, Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (30/8).

Kadispenal dalam amanatnya yang dibacakan Sekdispenal antara lain mengatakan bahwa, tantangan tugas ke depan yang semakin berat, menuntut para peserta kursus untuk mampu menumbuhkan kemandirian dalam menghasilkan berita yang berkualitas pada setiap kegiatan TNI Angkatan Laut di satuannya masing-masing.

“Dengan adanya kursus Penulisan dan Jurnalistik TA 2019 yang dilaksanakan dalam waktu yang singkat ini, diharapkan peserta sudah menyerap ilmu yang diberikan instruktur secara keseluruhan, sehingga personel yang berdinas di lingkungan Dinas Penerangan sudah memiliki kapasitas, keahlian dan kemampuan sebagai reporter jurnalistik, sehingga dapat membangun citra TNI Angkatan Laut di masyarakat”, ungkap Kadispenal.

Kegiatan yang telah dilaksanakan selama dua minggu mulai tanggal 19 hingga 30 Agustus 2019 ini melibatkan sebanyak 19 peserta yang terdiri dari Perwira Menengah (Pamen), Perwira Pertama (Pama), Bintara dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) jajaran penerangan Kotama TNI AL seluruh Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut Dispenal menghadirkan instruktur dari luar yakni Lembaga Pembinaan Bahasa Indonesia  Ovi Soviaty Rivay,  selaku Kepala Bidang Pemasyarakatan Bahasa dan Sastra serta Media Antara Panca Hari Prabowo, dan para pengajar dari Dispenal.

Adapun materi yang disampaikan di antaranya meliputi Dasar-dasar Penulisan Penerangan, Dasar-dasar Penulisan Jurnalistik, Teknik Mewawancara, Teknik Pencarian Sumber Literer, Penerapan Ejaan Bahasa Indonesia, Writer’s Block, Teknik Praktik Investigasi Narasumber, Teknik Menyunting dan Meramu Naskah Jurnalis, Teknik Penulisan Majalah, Teknik Penulisan Caption, Teori dan Praktik Pembuatan Booklet Brosur, Teori dan Praktek Penulisan Narasi Radio Video, Teori dan Praktik Penulisan Feature dan Opini serta Teori dan Praktik Penulisan Berita.(Pen)

Baca Juga  Optimalkan Keberadaan YIA, Perlu Dukungan Penuh Banyak Pihak