Press "Enter" to skip to content

Sambut HUT RI ke- 74, PPAL Gelar Upacara di Teluk Jakarta

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia ke-74, Persatuan Purnawirawan TNI AL (PPAL) melaksanakan upacara detik-detik Proklamasi di atas geladak KRI Semarang-594, Sabtu (17/8).
Kapal perang buatan dalam negeri ini, mengarungi perairan Teluk Jakarta untuk mengiringi rangkaian upacara memperingati HUT kemerdekaan yang dimulai tepat pukul 10.00 WIB.

Ketua PPAL Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), menyatakan bahwa kegiatan yang sudah ketiga kalinya dilakukan oleh PPAL ini sukses melebihi target peserta yang hadir.

“Jadi mereka para purnawirawan ini kan dulunya pelaku utama perjuangan. Ketika pensiun mereka tetap ingin memperingati upacara detik-detik proklamasi, kemarin itu targetnya hanya 600 orang, tapi ini kelihatannya lebih, mencapai 900 orang. Kalau tahun kemarin hanya untuk Purnawirwan TNI AL saja, tapi sekarang saya undang juga dari PPAD, PPAU, Pepabri, dan PPolri,” terangnya.

Upacara ini juga diiringi dengan kegiatan tabur bunga di laut untuk menghargai jasa dan arwah pahlawan yang gugur di laut. Tak hanya Ketua PPAL, perwakilan dari purnawirawan angkatan lain juga melakukan tabur bunga di laut.

Ratusan peserta dari berbagai elemen hadir sebagai peserta upacara. Di antaranya para veteran, Purnawirawan AD, AL, AU, Polri, Saka Bahari, FKKPPI, Putra-Putri Maritim, perwakilan dari sekolah vokasi pelayaran, dan lain sebagainya.

Turut hadir dalam acara ini, Mantan Kasal dan Panglima TNI Laksamana TNI (Purn) Agus Suhartono, pakar hukum laut Chandra Motik, serta para petinggi TNI AL lainnya.
Chandra Motik, yang pada acara tersebut, berkesempatan membacakan Teks Pancasila, mengatakan bahwa acara ini sangat baik, terlebih untuk meningkatkan rasa kebangsaan kita, karena PPAL selain mengundang para Purnawirawan juga menghadirkan anak-anak muda Indonesia, sehingga terjadi ikatan yang indah antara Generasi Senior dan Generasi Muda Indonesia.

Baca Juga  Sambangi Sekolah, Babinsa Sei Tatas Sosialisasikan Penerimaan Prajurit TNI

“Peringatan HUT RI ini selalu mengingatkan bagaimana kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kita. Dan tugas dari Generasi Penerus untuk mengisi kemerdekaan Indonesia untuk mencapai masyarakat yang sejahtera, berkeadilan yang merata untuk seluruh rakyat Indonesia. Terima kasih kepada PPAL yang telah menyelenggarakan acara ini, semoga bisa terus berlanjut di masa mendatang,” tutur Chandra Motik. (Ire Djafar)