Press "Enter" to skip to content

Rapat Penanganan Konflik Sosial 2019, Dandim 1011/Klk Ajak Jaga Kondusifitas Wilayah

Social Media Share

KUALA KAPUAS – Komandan Kodim 1011/Kuala Kapuas, Letnan Kolonel Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P., mengikuti Rapat Koordinasi Kabupaten Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019 di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas.

Dari rilis Pendam XII/Tpr yang diterima baru- baru ini, rapat dipimpin langsung oleh Bupati Kapuas yang juga dihadiri Wakil Bupati Kapuas, Forkopimda Kabupaten Kapuas, Kepala Satuan Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, Camat Se- Kabupaten Kapuas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Damang Selat. Dengan tema,”Sinergitas Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Dalam Rangka Merekatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Pasca Pemilu Serentak 2019″.

Dalam rapat Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P menyampaikan, konflik adalah bagian dari dinamika sosial yang selalu melekat dalam kehidupan setiap masyarakat. Sebagai gejala sosial, konflik hanya akan hilang bersama hilangnya masyarakat itu sendiri.

“Konflik akan selalu ada, oleh karena itu, yang dapat kita lakukan adalah mengendalikan agar konflik tersebut tidak berkembang semakin parah menjadi kekerasan,” tandasnya menjelaskan.

Lanjutnya, seluruh masyarakat Kota Kapuas tentunya ingin kota ini damai tidak ada konflik. Diperlukan komitmen bersama untuk menjaga agar tidak terjadi konflik. Semua harus berperan serta baik itu dari tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan aparatur negara bahkan anggota masyarakat sekalipun.

“Lebih baik apabila kita mencegah konflik dari pada mengatasi konflik dengan cara cegah dini dan deteksi dini,” tegas Dandim 1011/Klk.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono, S.I.P mengajak kepada yang hadir serta umumnya masyarakat Kapuas untuk bersama-sama menjaga menjaga kondusifitas wilayah.

“Saya menghimbau mari kita ciptakan kota Kapuas aman, indah, dan ramah,” katanya.

Baca Juga  Danlantamal XII Pontianak Tinjau Tes Samapta Calon Taruna dan Bintara TNI AL 2019

Sedangkan Bupati Kapuas Ben Ibrahim S Bahat menyampaikan, tantangan dan ancaman terhadap keutuhan NKRI ada berbagai macam, salah satunya perilaku intoleransi. “Oleh karena itu marilah kita saling menjaga kerekatan dan kerukunan antar sesama sehingga indonesia akan menjadi negara yang lebih maju lagi kedepannya,” ucapnya.(pen)