Press "Enter" to skip to content

Prajurit Kolinlamil Terlibat Bersih – Bersih Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok

Social Media Share

JAKARTA, NP – Prajurit Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) terlibat dalam kegiatan bersih-bersih lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok yang diikuti instansi Pemerintah dan stakeholder di Pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (7/2).

100 Prajurit Kolinlamil terlibat dalam bersih-bersih Kawasan Pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan kegiatan rutin menjaga kebersihan lingkungan Pelabuhan Tanjung Priok.

Kegiatan tersebut juga dilakukan dalam rangka mewujudkan kecintaan pada lingkungan serta sebagai tindak lanjut dari komitmen bersama dalam melaksanakan Deklarasi Penerapan Konsep Pelabuhan Berwawasan Lingkungan pada November 2019 lalu.

Aksi bersih-bersih kali ini yang difasilitasi Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok (OP) meliputi jalan mulai masuk pelabuhan Tanjung Priok, Jalan Palmas, Jalan Pasoso, Jalan Pabean, Jalan Padamarang, Jalan Raya Sulawesi, dan Jalan Banda.

Kegiatan lintas sektoral ini, juga turut melibatkan berbagai instansi maritim di wilayah Jakarta Utara serta sejumlah elemen masyarakat yang berada di sekitar wilayah ini.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi Kolinlamil terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan di kawasan pelabuhan.

“Kolinlamil sebagai bagian dari instansi yang berada dikawasan pelabuhan Tanjung Priok bersama-sama dengan stakeholder terkait ingin mewujudkan kawasan pelabuhan tanjung priok yang bersih dan nyaman” jelasnya.

Senada dengan Panglima Kolinlamil, Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Jece Julita Piris menyampaikan bahwa kebersihan lingkungan pelabuhan ini merupakan salah satu penerapan konsep ecoport di Pelabuhan Tanjung Priok, juga kegiatan perlindungan lingkungan, penggunaan bahan ramah lingkungan, pengurangan limbah (sampah), konservasi energi, serta antisipasi perubahan iklim melalui penggunaan energi baru dan terbarukan.

“Penerapan konsep ecoport memerlukan perubahan kebiasaan dan kepedulian setiap individu dalam menjaga kebersihan dan mengurangi sampah plastik di lingkungan pelabuhan. Perubahan tersebut juga memerlukan sinergitas semua pihak-pihak yang ada di pelabuhan,” jelasnya.

Baca Juga  Sertijab Danlantamal Bengkulu, Siap Mengembangkan Prestasi

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi terhadap seluruh pihak terkait yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam mendukung kegiatan bersih lingkungan pelabuhan ini. Saya harap kegiatan ini dapat terselenggara setiap bulan,” tutup Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut perwakilan instansi pemerintah serta stakeholders di Pelabuhan Tanjung Priok di antaranya Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Priok, Kepala Kepolisian Resort Pelabuhan Tanjung Priok, Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Tanjung Priok, PT. Pelindo II (Persero), PT. Pelni (Persero) Tanjung Priok, PT. Metito, PT. Jakarta International Container Terminal, PT. PTP, KSO TPK Koja, PT. IPC TPK, dan PT. Pesaka Kirana Loka. (Pen)