Press "Enter" to skip to content

Peringatan Hari Ibu 2019, Menteri P3A RI: PHI Momentun Kebangkitan Bangsa

Social Media Share

JAKARTA, NP – Peringatan Hari Ibu (PHI) merupakan momentum kebangkitan bangsa, penggalangan rasa persatuan dan kesatuan serta gerak perjuangan perempuan yang tidak dapat dipisahkan dari sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

Hal ini ditegaskan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Menteri P3A) Republik Indonesia I Gusti Ayu Bintang Darmawati, S.E, M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kasau Marsekal Muda Yadi Indrayadi, M.S.S., saat memimpin upacara Peringatan Hari Ibu ke-91 Tahun 2019 di lapangan apel Mabesau Cilangkap Jakarta Timur, Senin (23/12/2019).

Lebih lanjut Menteri P3A RI mengatakan, perempuan Indonesia masa kini adalah perempuan yang dituntut untuk sadar dan aktif meraih akses dan kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam berbagai bidang pembangunan.

“PHI diharapkan sebagai momen penting untuk mendorong semua pemangku kepentingan guna memberikan perhatian, pengakuan akan pentingnya eksistensi perempuan dalam berbagai sektor pembangunan, dan mampu meningkatkan kualitas hidupnya serta mengembangkan potensi sebagai motor penggerak sekaligus agen perubahan,” tambahnya.

Dikatakan Menteri P3A RI, PHI ke-91 Tahun 2019 adalah titik awal gerakan “percepatan” pemberdayaan perempuan di berbagai bidang pembangunan dan memberikan perlindungan bagi perempuan untuk mewujudkan arahan Presiden, mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”.

“Mengatasi berbagai tantangan maka diperlukan pelibatan semua unsur masyarakat dan multistakeholder, termasuk peran laki-laki dalam kampanye-kampanye yang mendukung pencegahan kekerasan dan pencapaian kesetaraan gender serta keterlibatan laki-laki dalam He For She menjadi salah satu komitmen global yang harus digelorakan sampai akhir rumput,” ujar Menteri P3A RI.

Mengakhiri sambutannya, Menteri P3 A RI mengajak semua perempuan untuk terus maju, mampu menjadi sosok yang mandiri, kreatif, inovatif, serta percaya diri.

Baca Juga  Peduli Orangutan, Pangdam VI/Mlw Tanam Matoa di BOS

“Dan tentunya akan bersama laki-laki menjadi kekuatan besar yang memastikan terwujudnya SDM unggul dan berdaya saing menuju Indonesia Maju,” pungkasnya.

Upacara yang dilaksanakan secara khidmat ini diikuti para Kadis jajaran Mabesau, perwira, bintara, dan tamtama serta PNS Mabesau.(Pen )