Press "Enter" to skip to content

Peduli Lansia di Perbatasan, Satgas Yonif R 303 Gelar Pengobatan Keliling

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Didorong rasa peduli terhadap kesehatan Lansia (Lanjut Usia) di Perbatasan RI-Malaysia, Satgas Pamtas Yonif Raider 303/SSM menggelar pengobatan keliling ke rumah warga Desa Sempayang.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 303/SSM, Letkol Inf Taufik Ismail, S.Sos. M.I.Pol., dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, Kamis (5/9/2019)

Dansatgas menjelaskan, pengobatan keliling yang dilakukan di Desa Sempayang ini dalam rangka meningkatkan taraf kesehatan bagi masyarakat khususnya lansia yang berada di daerah perbatasan RI–Malaysia pada Rabu (4/9).

“Penyakit yang di derita oleh lansia tersebut bermacam-macam diantaranya adalah Hipertensi (darah tinggi), Arthritis gout (asam urat) , Dispepsia (maag), ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas),” terang Taufik.

Selain melaksanakan pengobatan, tim kesehatan Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad yang dipimpin Danton Kesehatan Satgas (Kapten Ckm Hadi Santoso) bersama dua orang prajurit lainnya juga memberikan pengetahuan tentang darah tinggi, diet dan perilaku hidup yang harus dilakukan.

“Hal ini untuk mencegah terjadinya hal negatif yang bisa timbul akibat Hipertensi, misalnya serangan Stroke,” ucap Taufik.

Kegiatan ini, tambah Taufik, telah mendapatkan respon yang bagus dari masyarakat sekitar, dimana mereka mengharapkan kegiatan pengobatan seperti ini dapat terus dilakukan, karena masyarakat sangat memerlukan kegiatan sosial seperti ini khususnya di bidang kesehatan.

Masyarakat Desa Sembayang, Frederick (63) mengatakan, “Kami merasa sangat terbantu dan merasa bahagia karena Satgas Yonif Raider 303/SSM Kostrad sangat peduli dengan para lansia. Kegiatan seperti ini juga baru pertama kali dilaksanakan di wilayah Desa Sempayang,” ucapnya. (Pen)

 

Baca Juga  Satgas TMMD Sintang Optimis Sasaran Fisik Selesai Tepat Waktu