Press "Enter" to skip to content

Pastikan Kondisi Warga, Satgas Yonif PR 328 Gelar Pengobatan Keliling

Social Media Share

JAKARTA, NP – Untuk memastikan kondisi warga, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H, Satgas Yonif PR 328/Dgh menggelar pengobatan keliling atau door to door di Kampung Pitewi, Keerom, Papua.

Hal tersebut disampaikan Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI – RDTL Yonif PR 328/DGH Mayor Inf Erwin Iswari, S.Sos., M.Tr (Han)., dalam rilis tertulisnya, Senin (3/6/2019).

Diungkapkan Erwin kegiatan yang dilakukan pada Minggu 2 Juni 2019 kemarin itu, sebagai wujud kepedulian Satgas kepada warga kampung Pitewi, Distrik Asro Timur dalam menyambut Lebaran tahun ini.

“Ini kita lakukan sebagai bentuk kepedulian Satgas terhadap kesehatan warga sekitar,” ujarnya.

Dijelaskan Erwin, pemberian pengobatan gratis keliling ini sendiri dilaksanakan oleh tim kesehatan Satgas Yonif 328 dari Pos Pitewi dibawah dipimpin Serda Sutanto.

“Anggota kita, secara marathon mengunjungi rumah-rumah warga untuk mengecek kondisi kesehatan warga,” terang Mayor Erwin.

Lulusan Akmil tahun 2002 ini mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai pengganti pelayanan Puskesmas Pitewi yang libur untuk merayakan Lebaran di daerahnya masing-masing.

“Beberapa petugas kesehatan disini sudah ada yang cuti untuk merayakan Lebaran di daerahnya,” katanya.

“Satgas berinisiatif untuk melakukan pengobatan Door To Door guna melihat kondisi warga Kampung apabila mengalami sakit sehingga bisa ditangani dan diobati dengan cepat,” Jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Dansatgas, selama kegiatan pengobatan _Door to Door_ yang dilakukan oleh tim kesehatan Satgas, ditemukan 3 orang warga yang mengalami sakit.

“Selama seharian anggota satgas berkeliling Kampung, terdapat tiga orang yang sakit,” ungkap Erwin.

“Bapak Lanani (55 Th) dan Efendi (15 Th), mereka kena malaria tropica, kemudian Ibu Saniah (45 Th) mengalami sakit demam,” tambah Erwin.

Baca Juga  Ketua DPR Dorong Kementan dan Bulog Bantu Serap Gabah Kering agar Petani Tidak Rugi

Ketiga orang itu, terang Mayor Erwin telah diberikan obat dan penangan tahap pertama.

“Ketiga Warga ini juga akan kami pantau terus perkembangannya apakah perlu dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut atau tidak,” imbuhnya.

Erwin berharap dengan adanya kegiatan ini, semua warga kampung Pitewi selalu dalam keadaan sehat.

“Kita ingin warga kampung kondisinya selalu dalam keadaan sehat, apalagi jelang lebaran,” harapnya. (pen).