Press "Enter" to skip to content

Pangkoarmada I Hadiri Peresmian Prioritas Pembangunan dan Perikanan di Muara Baru

Social Media Share

JAKARTA, NP – Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., menghadiri peresmian Prioritas Pembangunan dan Perikanan berupa cold storage atau gudang pendingin untuk hasil laut di Kawasan di Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (10/10/2019).

Cold storage atau gudang pendingin yang diresmikan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tersebut memiliki kapasitas 1000 ton, dan dibangun di atas lahan seluas 8.885 meter persegi dengan luas bangunan 5.619 meter persegi yang terdiri dari 2 lantai dan 1 mezanin.

Menteri Kelautan dan Perikanan mengatakan, bahwa dengan adanya cold storage ini pengusaha UMKM maupun nelayan dapat menyewa tempat tersebut, sehingga ikan bisa lebih tahan lama untuk ditampung. Cold storage ini dapat berfungsi sebagai buffer stock untuk menampung ikan yang berasal dari sentra-sentra produksi sehingga pada saat musim ikan, tidak ada lagi ikan yang terbuang dan harga tidak jatuh.

Selain meresmikan cold storage di Muara Baru, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga meresmikan 15 proyek pembangunan prioritas KKP lainnya. Proyek pembangunan prioritas tersebut adalah Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Sebatik, SKPT Merauke, SKPT Morotai, SKPT Talaud, SKPT Biak, SKPT Mimika, Pasar Ikan Modern (PIM) Bandung.

Kemudian pabrik Pakan Pangandaran, Embung Pangandaran, Politeknik Kelautan dan Perikanan (Poltek KP) Bone, Poltek KP Kupang, Poltek KP Jembrana, Poltek KP Pangandaran, Akademi Komunitas Wakatobi, dan Kantor Karantina Wilayah Kerja Sebatik.

Pembangunan ini juga merupakan implementasi Sistem Logistik Ikan Nasional (SLIN) serta melaksanakan amanat Instruksi Presiden Nomor 7 tahun 2016 tentang Percepatan Industri Perikanan Nasional serta Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2017 tentang Rencana Aksi Percepatan Pembangunan Industri Perikanan Nasional, pada tahun 2018 – 2019.(Pen)

Baca Juga  Rentan Penyakit, Satgas Yonif 321 Ajarkan Pola Hidup Sehat di Nduga