Press "Enter" to skip to content

Mudik Gratis, Mabesal Berangkatkan 34 Unit Bus dari Jakarta

Social Media Share

JAKARTA, NP – Menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H Tahun 2019, Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), memberangkatkan 34 unit Bus ke sejumlah wilayah di Jawa Tengah, dan Jawa Timur, Sabtu (1/06/2019).

Pemberangkatan Armada Bus Mudik Gratis bagi Prajurit TNI AL tersebut dilepas oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito, mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama antara TNI AL dengan Kemenhub RI dan Perbankan Nasional seperti Bank mandiri, BNI dan BRI. Pada perjalanannya tahun ini, ke-34 bus mudik gratis tersebut akan melaksanakan perjalanan dengan rute yaitu, Jakarta – Surabaya Utara, Jakarta – Solo – Surabaya Selatan, serta rute Jakarta – Yogyakarta melalui jalur Selatan.

Dikatakan oleh Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakasal bahwa, mudik merupakan kesempatan spesial yang dimanfaatkan untuk berkumpul dengan sanak keluarga dan handai taulan di kampung halaman. “Dalam kesempatan ini saya menghimbau untuk tetap menjaga kewaspadaan selama melaksanakan mudik bersama. Tetaplah menjaga sikap dan perilaku sesuai dengan norma dan etika kita dalam organisasi, karena di manapun berada status sebagai Prajurit TNI AL akan senantiasa melekat”, pesan Kasal.

Adapun 34 Armada Bus tersebut membawa 1.593 pemudik yang terdiri dari para prajurit, Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta keluarga besar TNI AL, yang berdinas dan tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Program yang digelar setiap tahun ini, merupakan wujud dari perhatian unsur Pimpinan TNI Angkatan Laut kepada para prajurit dan keluarganya guna mengantisipasi berbagai risiko selama perjalanan.

Dalam perjalanan armada bus tersebut, TNI AL juga melengkapi rombongan mudik dengan pengawalan Polisi Militer (PM) pada setiap rombongan bus, serta melaksanakan pengecekan kesehatan dan tes urine bagi para personel yang bertugas sebagai pengemudi Armada Bus Mudik Lebaran.(pen)

Baca Juga  4 Tahun PLTS Tak Beroperasi, Kini Satgas 301 Berhasil Terangkan Dusun Klawik