Press "Enter" to skip to content

Meriahkan HUT ke-74 TNI, Satgas 643 Gelar Karnaval Kirab Perjuangan dan Sepeda Hias di Perbatasan

Social Media Share

SANGGAU, NP – Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas) Batalyon Infanteri Mekanis (Yonmek) 643/Wanara Sakti menggelar karnaval kirab perjuangan dan sepeda hias bertempat di Entikong, Sanggau, kemarin. Kegiatan ini dalam rangkaian peringatan HUT ke-74 TNI, yang diikuti sekitar ribuan peserta dari kalangan masyarakat dan pelajar.

Kegiatan tersebut sesuai tema HUT ke-74 TNI, TNI Profesional Kebanggaan Rakyat. Untuk menuju ke profesional dibutuhkan kreatifitas, gagasan dan perjuangan. Melalui lomba ini kita ingin melihat kreatifitas, gagasan dan perjuangan masyarakat dalam menunjukkan kebanggaannya kepada TNI. Hal ini disampaikan Dansatgas Pamtas, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto, di Pos Kotis Entikong.

Dikatakannya, karnaval kirab perjuangan dan sepeda hias menempuh jarak sekitar dua kilometer, dengan route start dari Pos Kotis Satgas Pamtas Entikong melewati Jalan Lintas Negara, kemudian kembali ke Pos Kotis sebagai finish. Suasana semarak langsung tersaji saat para peserta karnaval kirab perjuangan dan sepeda hias mulai bergerak. Selain warna-warni, bentuk sepeda yang mereka gowes juga unik dan menarik, ada yang menyerupai tank tempur, kapal, senjata TNI, hingga berbentuk hewan seperti merak. Tidak hanya sepeda saja yang tampil istimewa, para peserta juga mengenakan pakaian berbagai ragam adat daerah,” ujarnya.

Disamping itu, sebagai upaya untuk menanamkan semangat nasionalisme kepada masyarakat wilayah perbatasan, khususnya kepada anak-anak,” terangnya.

Selain kirab dan sepeda hias, serangkaian peringatan HUT ke-74 TNI yang digelar Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns juga, dimeriahkan aksi penanaman sepuluh ribu pohon, panggung hiburan rakyat, permainan tradisional dan pemberian tali asih kepada anak yatim piatu di perbatasan,” ungkapnya.

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan piala dan uang pembinaan kepada peserta terbaik karnaval kirab perjuangan dan sepeda hias oleh Dansatgas Pamtas, Letkol Inf Dwi Agung Prihanto. (Pen)

Baca Juga  Lanal Bandung Selamatkan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Senilai Puluhan Milyar Rupiah