Press "Enter" to skip to content

Mengajar di Perbatasan, Satgas Yonif R 300 Bentuk Karakter Secara Dini

Social Media Share

JAKARTA,NP – Selain bertugas menjaga kedaulatan NKRI, Satgas Pamtas Yonif R 300/BWJ juga berperan aktif sebagai pengajar di perbatasan guna membentuk karakter generasi muda bangsa secara dini.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif R 300/BWJ, Mayor Inf Ari Sutrisno S.I.P., dalam keterangan tertulisnya di Papua, Kamis (5/9/2019).

Diungkapkan Ari, lima orang anggota Satgas Pamtas Yonif 300 dari Pos Wembi setiap hari memberikan materi tentang wawasan kebangsaan kepada siswa-siswi di Sekolah Dasar YPPK Wembi.

“Dibawah pimpinan Serka Riki, anggota Pos Wembi menjadi tenaga pendidik di SD YPPK Wembi,” katanya.

“Selain bertujuan mencerdaskan siswa-siswi di SD tersebut, juga sebagai wujud kepedulian Satgas dalam membentuk karakter generasi muda supaya lebih mencintai tanah air Indonesia,” tambahnya.

Ia pun menjelaskan, selama proses kegiatan belajar mengajar di SD YPPK,pihak sekolah memberikan jadwal pada jam terakhir KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) tiap harinya. Terkecuali pada hari Sabtu, mendapatkan waktu dan kesempatan belajar mengajar pada pagi hari.

Meski demikian, tutur Ari, siswa-siswi di SD YPPK sangat antusias, gembira dengan penuh semangat ketika anggota kita (Satgas) sedang memberikan materi.

“Materi yang diajarkan anggota kita, mulai dari hal dasar, seperti pengetahuan tentang Lambang Negara yaitu burung Garuda, sampai menyanyikan Garuda Pancasila,” imbuhnya.

Untuk memotivasi mereka, sesekali anggota kita pun memberikan hadiah apabila para murid dapat menjawab dengan benar pertanyaan yang di ajukan.

Lebih lanjut disampaikan Mayor Ari, pembentukan karakter generasi muda supaya memiliki jiwa patriotisme dan nasionalisme yang kuat harus di mulai sejak usia dini. Sehingga menurutnya, kegiatan yang dilakukan Satgas ini sebagai salah satu contoh konkritnya dalam menjaga keutuhan NKRI.

Baca Juga  AAU Rayakan Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M Bersama-sama

“Selain menjaga keutuhan NKRI, Satgas juga berkewajiban membantu warga dan membentuk generasi muda yang berkarakter,” tegasnya.

Hal ini pun diamini oleh Praka Nindi, salah satu personel Satgas yang menjadi tenaga pendidik di sekolah tersebut.

“Materi-materi yang kita berikan ke mereka, yaitu materi sederhana, tetapi sangat terarah dan terukur,” tandasnya.

Atas terlaksananya kegiatan ini, pihak sekolah sangat berterima kasih. Karena kehadiran personel TNI AD, khususnya Satgas Yonif 300 pos Wembi dengan tulus dan ikhlas membantu dalam kegiatan mengajar. (Pen)