Press "Enter" to skip to content

Mandalika Gowes 2019, 74 km Penuh Tantangan Eksotik

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Dalam kunjungannya diwilayah Kodam IX/Udy, Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad) Letjen TNI Tatang Sulaiman juga mengikuti kegiatan Mandalika Gowes 2019, berjarak tempuh 74 km melewati pemandangan alam yang indah dan eksotik.

Hal tersebut disampaikan Kapenrem 162/WB, Mayor Inf Dahlan, S.Sos. saat ditemui usai kegiatan di Kuta Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Minggu, (27/10/2019).

Dikatakan Kapenrem, Mandalika Gowes 2019 merupakan kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-74 dan HUT ke-74 Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) secara bersamaan.

“Bertepatan dengan HUT TNI dan HUT Kabupaten Loteng, jajaran Korem 162 dan Pemda menggelar kegiatan ini, sekaligus juga untuk menarik wisatawan serta meningkatkan ekonomi warga Lombok pasca Tsunami lalu,”ujar Dahlan.

Dalam even tersebut, lanjutnya, Wakasad dan para peserta lainnya melewati medan yang menantang nan eksotik.

“Lombok memiliki keindahan alam yang sangat indah dan eksotis, kontur alam yang menantang, tentu menjadi daya tarik tersendiri dan menambah semangat para peserta,” tegas Dahlan.

“Mandalika Kuta juga bisa dimanfaatkan sebagai wahana olah raga laut, mendaki, bersepeda, dan juga lari marathon,” tambahnya.

Oleh karenanya, dengan berbegai even yang digelar Korem 162/WB dan Pemda, sebagaimana diharapkan Wakasad setelah selesai finish, kegiatan seperti ini dapat merangsang wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk datang ke Lombok.

“Seperti pada etape pertama sejauh 16 km, medan ketinggian menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta, namun hal itu tidaklah menjadikan berat, dengan pemandangan yang indah dan eksotik,” jelas Dahlan.

“Meski ditengah cuaca panas, berkat semangat dan sajian keindahan alam, akhirnya Wakasad dan peserta lainnya berhasil finish dengan aman,” tambahnya.

Baca Juga  Satgas Yonif 725 Lestarikan Noken Sebagai Kearifan Lokal Bernilai Ekonomis

Dari yang alaminya, tambah Dahlan, saat ditemui wartawan, Wakasad berharap agar event-event seperti ini tetap dilaksanakan, dan kedepannya sudah dijadwalkan akan ada event besar, yaitu Motor GP.

“Beliau berharap agar pada event tersebut dapat diselenggarakan dengan maksimal, gunw meningkatkan kunjungan wisatawan dan pertumbuhan ekonomi Lombok,” tuturnya.

Lanjutnya, Mandalika Gowes 2019 merupakan event kedua bagi TNI di Lombok, dimana tahun 2018 juga digelar TNI International Marathon Mandalika.

“Sekitar 650 peserta, ikut berpartisipasi dalam Mandalika Gowes yang menempuh rute sejauh 74 km, dibagi dalam empat etape yakni di Pelabuhan Awang, Kantor Camat Mujur, Kantor Bupati Lombok Tengah,” ucap Dahlan.

Terpisah, hal senada disampaikan Wakil Bupati Loteng H. Lalu Pathuk Bahrie mengatakan, selain dalam rangka merayakan HUT TNI dan HUT Kabupaten Loteng, Mandalika Gowes merupakan ajang untuk mempromosikan wisata di Lombok Tengah.

“Ini merupakan bagian sinergitas TNI dengan Pemda, dengan harapan agar masyarakat mengetahui bahwa alam Lombok bagus dan kondusif,”tegasnya.

Selain Pangdam IX/Udy, hadir pula diantaranya Kapolda NTB, Komisaris Pindad, Kadispenad, Dirbekang, Waasrena Kasad, Kadispsiad, Dirziad, Kasdam IX/Udy, serta para pejabat di jajaran Kodam IX/Udy. (Pen)