Press "Enter" to skip to content

Lantamal III Remajakan Kembali Hutan Mangrove di Tanjung Pasir

Social Media Share

Penanaman pohon mangrove sebanyak 4500 di Posal Tanjung Pasir Tanggerang.(ist)

JAKARTA, NP – Sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, sekaligus peringatan HUT TNI ke 74 TNI, Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, pimpin penanaman pohon mangrove sebanyak 4500 di Posal Tanjung Pasir Tanggerang yang juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Jl. Desa Tanjung Pasir Tanggerang. Senin (07/10).

Tujuan dilaksanakannya penanaman pohon mangrove serentak tersebut untuk mendukung program pemerintah dalam melestarikan dan peremajaan kembali hutan mangrove di wilayah pesisir dan pulau-pulau, serta mewujudkan pemberdayaan wilayah pertahanan laut dalam rangka mendukung tugas pokok Angkatan Laut.

Dengan Tema,”Selamatkan Bumi Untuk Anak Cucu Kita“ dalam hal ini Staf Pembinaan Potensi Maritim (Spotmar) Mabesal, menjadi pelaksana acara tersebut untuk mencetak Rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) dimana sebanyak 3000.074 bibit mangrove akan ditanam dalam waktu bersamaan di seluruh Indonesia.

Komandan Lantamal III, dalam sambutannya “Berharap dengan kegiatan ini dapat menimbulkan kesadaraan akan pentingnya pelestarian dan terpeliharanya hutan mangrove bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat serta ketahanan wilayah.

“Hutan mangrove memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah erosi dan abrasi pantai, menjaga kualitas air di daratan agar tidak menjadi payau, pengurai limbah organik dan mempercepat penguraian limbah kimia seperti minyak dan detergen di lautan, serta menjadi penghalang alami terhadap angin kencang pada musim tertentu”.ucapnya lagi.

Hadir pada kegiatan tersebut, Seluruh Pajabat Lantamal III, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Komandan Satuan Radar 211 TNI AU, Kapolsek Teluk Naga, Dandim 0510 Tigaraksa, dan Camat Teluk Naga, Masyarakat Desa Tanjung Pasir, dan Ibu-ibu Jalasenastri.(Pen)