Press "Enter" to skip to content

Lanal Nias Laksanakan Pencarian Nelayan Hilang Saat Melaut

Social Media Share

JAKARTA, NP – Posmat Tello Lanal Nias laksanakan SAR terhadap hilangnya tiga nelayan yang diduga terkena musibah kecelakaan laut akibat cuaca buruk saat memancing ikan dengan menggunakan perahu sampan di sekitar Perairan Nias, Rabu (29/1/2020).

Kronologis kejadian bahwa pada hari Selasa tanggal 28 Januari 2020 sekira pukul 17.00 Wib, saudara Firma Safurugara dari Desa Eho berangkat ke laut untuk memancing ikan dengan menggunakan perahu sampan bermesin robin, demikian halnya dengan saudara Terianus Bago bersama Januari Bago dari Desa Hili Oromaö berangkat ke laut untuk memancing ikan dengan menggunakan perahu sampan bermesin robin. Namun sebagaimana biasanya seharusnya ketiga nelayan tersebut sudah kembali dari laut pada pukul 23.00 Wib namun tidak ada kabar, sehingga pihak keluarga melaporkan hal tersebut kepada Posmat Tello Lanal Nias untuk membantu melaksanakan pencarian.

Menindaklanjuti informasi tersebut, Posmat Lanal Tello berkoordinasi dengan Basarnas Gunug Sitoli untuk bersama-sama melaksanakan SAR di laut. Pada hari Rabu tanggal 29 Januari 2020 sekitar pukul 10.00 Wib, diperoleh informasi bahwa salah satu nelayan yang dinyatakan hilang atas nama Firma Safurugara telah diselamatkan oleh kapal nelayan Madura dan perahu sampan yang digunakan ditarik menuju ke Desa Eho, sedangkan satu sampan lagi yang digunakan oleh Terianus Bago dan Januari Bago masih belum ditemukan dan masih terus dilaksanakan pencarian oleh Tim SAR dan masyarakat setempat.

Tim SAR menerima informasi dari Kepala Desa Hili Oromaö bahwa kedua korban yang dinyatakan hilang sudah ditemukan oleh nelayan Madura di Perairan Mentawai. Terkait dengan informasi tersebut, Tim SAR akan melaksanakan evakuasi terhadap kedua korban untuk kemudian dipulangkan ke pihak keluarga.(Pen)

Baca Juga  Kodam XII/Tpr Gandeng PMI Gelar Bhakti Sosial Donor Darah