Press "Enter" to skip to content

Lanal Nias Gandeng PPN Tanam Pohon Mangrove di Ujung Batu Telukdalam Nisel

Social Media Share

JAKARTA, NP – Lanal Nias menggandeng Pemuda Peduli Nias (PPN) Nias Selatan untuk menanam pohon mangrove secara serentak yang berlokasi di TPI Telukdalam, Nias Selatan. Senin (07/10/2019). Penanaman sekitar 300.074 pohon mangrove dilakukan secara serentak dalam memperingati HUT ke-74 TNI.

Penanaman pohon ini juga untuk memecahkan rekor Muri, karena penanaman pohon mangrove ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia.

Dalam sambutannya, Danlanal Nias Letnan Kolonel Laut (P) Jan Lucky Boy Siburian mengatakan penanaman pohon mangrove secara serentak ini adalah merupakan perintah dari Panglima TNI dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI.

“Penanaman pohon mangrove secara serentak seluruh Indonesia ada 300.074. Dan ini memecahkan rekor MURI karena dilakukan secara serentak pada pukul 09.00 Wib dengan disaksikan Panglima TNI melalui video conference,” Ujar Jan Lucky Boy Siburian.

Untuk Lanal Nias sendiri ada 4.500 bibit mangrove yang ditanam serentak di Ujung Batu TPI Telukdalam Nias Selatan. Penanaman mangrove untuk mencegah abrasi pantai, karena mangrove berfungsi dalam menghambat ombak besar, dan disisi lain mangrove ini dapat menjadi rumah bagi ikan-ikan untuk berlindung.

Letkol Jan Lucky Boy meminta agar masyarakat dapat menjaga lingkungan terutama pantai untuk menjaga ekosistem laut dan menjaga kelestarian alam.

“Nanti bila pohon mangrove ini tumbuh besar akan menjadi rumah bagi ikan dan menjaga kelestarian alam ini,” Katanya.

Pada penanaman pohon mangrove tersebut, turut hadir Kapolres Nisel, Kajari Nisel, Danramil Telukdalam, Kadis Kekuatan dan Perikanan, Pemuda Peduli Nias (PPN) Nisel dan sejumlah personil Lanal Nias, personil Polres Nisel, staf Kejari Nisel, personil Koramil, SMA Taruna Hangtua dan Saka Bahari.(Pen)