Press "Enter" to skip to content

Lanal Dumai Laksanakan SAR Laka Laut di Perairan Pasir Putih Bengkalis

Social Media Share

JAKARTA, NP – Prajurit Lanal Dumai bersama Tim SAR Gabungan melaksanakan pencarian terhadap korban kecelakaan laut speed boat di Perairan Pasir Putih, Desa Putri Sembilan, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis, Kamis (23/1/2020).

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Wahyu Dili YH menyampaikan kronologis kejadian, pada hari Selasa tanggal 21 Januari 2020 sebuah Speed Boat dengan muatan sebanyak 20 orang penumpang yang diduga sebagai TKI berangkat dari Sungai Pakalan Buah dengan tujuan ke Malaysia. Ditengah perjalanan terjadi cuaca buruk yang mengakibatkan Speed Boat tenggelam karena ombak yang sangat kuat dan seluruh penumpang ikut tenggelam. Walaupun semua penumpang telah menggukan live jacket, namun karena lama mengapung dan sebagian tidak bisa berenang, sehingga menimbulkan banyak korban.

Pada hari Rabu tanggal 22 Januari 2020, seorang nelayan yang sedang menjaring ikan menemukan salah satu korban yang mengapung menggunakan live jacket dalam keadaan pingsan di Perairan Pasir Putih. Setelah siuman, korban tersebut menginformasikan bahwa masih ada 19 penumpang speed boat lainnya yang menjadi korban.

Berdasarkan informasi tersebut, nelayan setempat melanjutkan pencarian dan kembali berhasil menemukan 9 korban lainnya. Jadi dari 20 orang penumpang sudah 10 orang berhasil ditemukan dalam keadaan selamat dan 10 orang lainnya dinyatakan hilang.

Pada hari Kamis tanggal 23 Januari 2020, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan 1 orang mayat berjenis kelamin wanita pada koordinat 02 12′ 664″ U – 101 45′ 998″ T, sedangkan
9 orang lainnya masih dalam proses pencarian. Sampai saat ini masih dilaksanakan SAR Gabungan dari Basarnas, TNI AL, Polairud, dan masyarakat setempat.(Pen)

 

Baca Juga  Pangkoarmada I Lepas Mudik Bersama Keluarga Besar Koarmada I