Press "Enter" to skip to content

Lanal Cirebon Gelar Kemah Bhakti Gerakan Cinta Bahari Bela Negara TNI AL

Social Media Share

JAKARTA, NP – Guna membentuk generasi muda bangsa Indonesia yang berkepribadian, berakhlak mulia, disiplin, terampil serta memiliki semangat dan kesadaran bela negara, Pangkalan TNI AL (Lanal) Cirebon menggelar Perkemahan Bhakti Gerakan Cinta (Genta) Bahari Bela Negara TNI AL selama dua hari tanggal 14 hingga 15 Desember 2019 bertempat di Mako Lanal Cirebon, Jalan Kesunean, Kota Cirebon.

Kegiatan Kemah Genta Bahari Bela Negara Tahun 2019 dibuka oleh Komandan Cirebon Letkol Laut (P) Agung Nugroho, S.E., M.Tr.Hanla., dan diikuti sebanyak 176 peserta dari 14 Pangkalan Pramuka Saka Bahari Tingkat Kota dan Kabupaten Cirebon dan Indramayu.

Komandan Lanal Cirebon menyampaikan bahwa tujuan dilaksanakan pelatihan ini adalah memberikan bekal kepada generasi muda khususnya Pramuka Saka Bahari tentang kebaharian, kepemimpinan, dan wawasan nusantara.

“Mereka adalah aset negara yang harus ditempa sejak dini agar dikemudian hari menjadi figur generasi yang bermental kuat dan tentunya bisa menjadi penerus kepemimpinan bangsa yang lebih mumpuni,” ujar Danlanal Cirebon.

Dalam kegiatan Kemah Genta Bahari Bela Negara tersebut, para peserta dibekali materi tentang Kebaharian diantaranya Pengenalan Peluit TNI AL oleh Prajurit Lanal Cirebon, Pengenalan Selam Dasar dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) di Laut/Sea Survival oleh Tim Selam Sarwajala Diving Club Lanal Cirebon, dan Pengenalan tentang TNI Angkatan Laut dan Wawasan Kemaritiman oleh Danlanal Cirebon. Peserta juga diberikan pemahaman tentang Wawasan Bela Negara dengan materi Cinta Tanah Air dan Rela Berkorban oleh Kesbangpol Kota Cirebon.

Selain itu, peserta juga diajarkan untuk peduli terhadap kebersihan lingkungan dengan melaksanakan bersih-bersih pantai di Kawasan Pantai Kejawanan Cirebon. Dilanjutkan dengan Latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Lomba Yel-yel antar Pangkalan Pramuka.

Baca Juga  Rekrut Pemuda Pemudi Perbatasan, Satgas Pamtas Yonif R 303 Sosialisasikan Penerimaan Prajurit TNI di Malinau

Pelatihan Bela Negara TNI AL, secara nasional dilakukan secara serentak ditiga lokasi yakni Lanal Cirebon, Lanal Natuna dan Lanal Banyuwangi.(Pen)