Press "Enter" to skip to content

Lanal Bandung Laksanakan Penyuluhan Bela Negara dan P4GN Dalam Rangka Karya Bakti TNI AL TA 2019

Social Media Share

JAKARTA, NP – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bandung melaksanakan Penyuluhan Bela Negara dan P4GN dalam rangka Karya Bakti TNI AL TA 2019 di Kabupaten Tasikmalaya, Senin (11/11/2019).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 500 siswa/siswi dari perwakilan SMU, SMK dan MA se Kabupaten Tasikmalaya.

Dalam sambutannya Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H., mengatakan bahwa salah satu tugas TNI adalah membantu tugas pemerintah dalam pemberdayaan wilayah pertahanan dengan sasaran penyiapan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan serta kekuatan pendukung secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta.

Dalam rangka melaksanakan tugas pembinaan potensi maritim menjadi kekuatan pertahanan keamanan negara, Lanal Bandung melaksanakan pembinaan pemberdayaan masyarakat, aparat pemerintah, komponen bangsa serta pelajar yang dilaksanakan dalam bentuk kegiatan komunikasi sosial guna memberikan pemahaman tentang perlunya pembangunan ketahanan wilayah untuk menghadapi ancaman nyata bangsa Indonesia saat ini (proxy war) serta pemahaman seluruh komponen masyarakat akan perlunya pembangunan kekuatan sosial yang sinergis antara TNI dan rakyat ditengah-tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa.

Merebaknya korupsi, kolusi dan nepotisme, terpaparnya radikalisme dan terorisme serta maraknya penyalahgunaan narkoba merupakan juga kejahatan yang menjadi tantangan terbesar bangsa Indonesia saat ini. Oleh karena itu, marilah kita menjadi pioneer dalam menanamkan nilai-nilai anti kejahatan luar biasa, sehingga siap sedia membangun keutuhan NKRI adalah merupakan tekad dan itikad untuk menjadi bagian terdepan menanamkam nilai-nilai luhur, sehingga dapat membentengi generasi muda khususnya dari kecenderungan melakukan atau turut terlibat dalam kejahatan-kejahatan tersebut.

Lebih Lanjut Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (P) Sunar Solehuddin, S.H., menyampaikan globalisasi selain mempunyai aspek positif, tetapi tidak sedikit menimbulkan dampak negatif, dengan globalisasi dunia seakan tanpa batas, begitu pula lalu lintas informasi, orang dan barang dapat berpindah dengan mudah dan cepat, sepintas lalu dengan globalisasi memudahkan pemenuhan berbagai kebutuhan dasar manusia. Namun pada sisi lain, hal ini dapat mempengaruhi pola pikir masyarakat terutama generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Untuk mengeliminir dan mencegah terjadinya kondisi tersebut dibutuhkan adanya suatu ketahanan nasional yang kokoh dan kuat yang harus dimiliki oleh setiap anak bangsa demi keikutsertaannya dalam menjaga keutuhan dan kedaulatan negara.

Baca Juga  Kerjasama Surabaya-Liverpool: Apapun Mau Mu, Ayo Learning Inggris Dulu

Selain itu, Komandan Lanal Bandug berharap kita semua memiliki perhatian penuh terhadap hal-hal di atas, kesamaan cara pandang dan bahasa dalam menyikapi berbagai permasalahan khususnya hal-hal yang mengancam keutuhan NKRI, menjadi bagian penting yang seharusnya selalu diperhatikan.

Adapun materi yang disampaikan antara lain penyuluhan tentang bela negara, penyuluhan bahaya narkoba, sosialisasi rekrutmen penerimaan calon TNI Angkatan Laut.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Tasikmalaya yang diwakili oleh Kakesbangpol Kabupaten Tasikmalaya, Kepala BNN Kota/Kab. Tasikmalaya, Kepala KCD Pendidikan Wilayah XII Kota/Kab. Tasikmalaya, unsur Muspida, unsur Muspika Kecamatan Singaparna, Kepsek/ Guru/Siswa/Siswi SMAN/SMKN Singaparna.(Pen)