Press "Enter" to skip to content

Kolinlamil Goes To School Sosialisasikan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan

Social Media Share

JAKARTA, NP – Satya Wira Jala Dharma. Dalam upaya pelaksanaan Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) melalui Komunikasi Sosial (Komsos), Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) mengadakan Navy Go To School ke sekolah-sekolah yang berada di wilayah Jakarta Utara. Senin (10/2) Perwira Staf Potensi Maritim (Spotmar) Kolinlamil melaksanakan program Navy Go To School ke sekolah pelayaran SMK Malahayati Marunda Jakarta Utara dalam rangka mensosialisasikan bela negara dan wawasan kebangsaan.
Kegiatan Bela Negara dan ceramah wawasan kebangsaan tersebut diikuti 200 pelajar SMK Pelayaran Malahayati. Upacara bendera mengawali kegiatan bela negara yang dipimpin salah seorang perwira Spotmar Mayor Laut (P) Betu Harnoto. Penyelenggaraan bela negara di sekolah disadari atau tidak direalisasikan dengan berbagai kegiatan diantaranya melalui pendidikan agama, pendidikan kewarganegaraan, upacara bendera, penyelenggaraan ibadah di sekolah, kegiatan ekstrakulikuler seperti Pramuka dan PMR.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman tentang Bela Negara kepada para pelajar agar memahami tentang bela negara, rasa cinta tanah air dan menumbuhkan sikap hidup yang berorientasi kebaharian” kata Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M.
Sejalan dengan Panglima Kolinlamil, Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Pangkolinlamil yang membidangi masalah pembinaan ketahanan wilayah menjelaskan pentingnya jiwa dan semangat bela negara dari semua komponen bangsa. Diantaranya oleh pelajar SMK Pelayaran Malahayati dapat ikut serta dengan menghindarkan diri dari bahaya narkoba, belajar dan berlatih dengan baik pengetahuan ilmu pelayaran dan perkapalan saat dalam pendidikan sehingga kelak dapat menjadi aset kekuatan disemua lini maritim bangsa Indonesia.

“Bukan hanya menjadi TNI saja wujud ikut serta bela negara, dalam konsep luas bela negara dapat dilaksanakan oleh berbagai latarbelakang profesi lainnya. Dengan menjadi manusia Indonesia yang berkarakter dan cinta tanah air akan menumbuhkan jiwa nasionalisme yang tinggi dan akhirnya mampu mewujudkan Indonesia yang kuat dan utuh tidak mudah dihancurkan dengan berbagai cara oleh kekuatan, baik dari luar maupun dari dalam,” tutur Aspotmar Pangkolinlamil.
Sementara itu Letkol Laut (KH) Mahmud, S.Ag. yang menyampaikan ceramah kebangsaan menjelaskan tentang perilaku seorang pelajar atau remaja yang sudah sesuai dengan pengamalan Pancasila dan UUD 1945 diantara menghindari kenakalan remaja, menjauhi narkoba dan bela Negara.
Sedangkan maksud dan tujuan mengaktualisasikan nilai-nilai bela Negara kepada setiap warga Negara, demi terwujudnya kesadaran bela Negara yang mendukung sistem pertahanan Negara yang bersifat semesta, sehingga terwujudnya warga Negara Indonesia yang memiliki kesadaran dan kemampuan bela Negara.

Baca Juga  Atasi Kekeringan, Kodim Gunungkidul Pompa Air dari Kedalaman 1.2 di Bawah Goa

Dalam kesempatan tersebut pula, perwira Spotmar melaksanakan promosi TNI Angkatan Laut dengan memperkenalkan profil personel, alat utama sistem senjata (alutsista) serta tugas pokok dan fungsi TNI Angkatan Laut dalam menjaga kedaulatan negara Republik Indonesia semata mata dilandasi semangat cinta tanah air dan jiwa patriotisme, dapat diwujudkan melalui bergabung menjadi prajurit TNI Angkatan Laut. (Pen)