Press "Enter" to skip to content

Koarmada I Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019, Koarmada I menggelar Upacara Bendera dipimpin oleh Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., di Lapangan Arafuru, Mako Koarmada I, Jalan Gunung Sahari No.67, Jakarta Pusat, Senin (28/10/2019).

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali dalam amanatnya yang dibacakan Pangkoarmada I mengatakan bahwa kami sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Tokoh Pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada Tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena ditangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”.

Semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

Kegiatan upacara tersebut diikuti oleh Pejabat Utama Koarmada I, 1 Pleton Perwira Menengah, 1 Pleton Satsik Lantamal III, 1 Pleton Perwira Pertama, 2 Pleton Bintara, 2 Pleton Tamtama, dan 1 Pleton Pegawai Negeri Sipil Koarmada I.(Pen)

Baca Juga  Retret Prajurit dan PNS yang Beragama Katholik Kodam XII/Tpr Resmi Ditutup