Press "Enter" to skip to content

Koarmada I Peringati Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, memimpin Upacara Bendera dalam rangka Memperingati Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 di Lapangan apel Arafuru Mako Koarmada I, Jakarta Pusat, Sabtu (1/6).

Dalam sambutannya, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Hariyono yang dibacakan oleh Pangkoarmada I menyampaikan bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Hdup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Melalui Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “Poitik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh Bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila dihadiri oleh Kepala Staf Koarmada I, Pejabat Utama Koarmada I, Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara, Tamtama, dan Pegawai Negeri Sipil Koarmada I.(pen)

Baca Juga  Polwan Polres Pelabuhan Tanjung Priok Beri Pelayanan Penumpang Kapal Laut KM Nggapulu