Press "Enter" to skip to content

Kendalikan Rabies di NTB, Kementan Beri Bantuan 16.000 Dosis Vaksin Rabies

Social Media Share

MATARAM, NP –  Kementerian Pertanian melalui Ditjen PKH  mendukung kegiatan pencegahan  wabah rabies di Propinsi NTB dengan memberikan bantuan vaksin rabies sebanyak 16.000 dosis vaksin Rabies yang didistribusikan ke Dompu, Sumbawa, dan Bima.

Selain itu, untuk kegiatan mendukung  World Rabies Day 2019 (WRD) juga ditambah 2.000 dosis vaksin rabies, sterilisasi untuk kucing sebanyak 200 ekor, melaksanakan sosialisasi bahaya rabies kepada anak sekolah dasar di Kota Mataram serta masyarakat pecinta anjing dan kucing, dan promosi tentang rabies di radio dan kanal public serta telah melatih sebanyak 70 petugas vaksinator di Propinsi NTB.

“Gencarnya upaya sosialisasi dan pemahaman tentang bahaya Rabies kepada masyarakat, diharapkan penyebaran virus rabies dapat dihentikan yang pada akhirnya target Indonesia bebas rabies akan tercapai,”kata Dirjen  PKH  I Ketut Diarmita, pada Puncak Peringatan Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day/WRD) di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (28/9/2019).

WRD 2019 juga melakukan sterilisasi untuk kucing sebanyak 200 ekor. (ist)

Sementara Itu Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah menyampaikan, NTB terdiri dari 2 pulau besar yakni Pulau Lombok berstatus daerah bebas Rabies dan Pulau sumbawa telah tertular diantaranya di Kab. Dompu, Kab. Bima, dan Kab. Sumbawa.

Zulkieflimansyah menyatakan, pihaknya merasa senang dapat berkolaborasi dengan Kementerian terkait dan Pemerintah Daerah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait bahaya rabies.

“Selain mengedukasi masyarakat terhadap bahaya rabies, momen peringatan hari rabies sedunia juga hendaknya dapat dimanfaatkan untuk meningkatan kapasitas pemerintah daerah dalam kesiapsiagaan, deteksi dan menanggulangi zoonosis juga sangat penting,” ungkap Zulkiefli.(red)

 

Baca Juga  Krisan Bogor Bidik Pasar Ekspor Jepang