Press "Enter" to skip to content

Kenali Karekteristik Wilayah, Kodim 1207/BS Gelar Pembinaan RTRW Pertahanan Darat

Social Media Share

PONTIANAK, NP – Satuan Komando Distrik Militer 1207/Berdiri Sendiri menggelar Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat, di Aula Makodim 1207/BS, Jalan Gusti Sulung Lelanang, Pontianak Barat, Pontianak. Kegiatan ini langsung di buka oleh Dandim 1207/BS, Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan S.IP., yang diikuti para Staf jajaran Kodim 1207/BS, para Danramil 1207/BS dan para Babinsa, sebanyak 70 orang.

Dalam sambutannya, Dandim 1207/BS Kolonel Arm Stefie Jantje Nuhujanan S.I.P., menyampaikan bahwa dengan mengembang UU RI Nomor 34 tentang TNI, salah satunya melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat untuk membantu Pemerintah menyiapkan potensi nasional menjadi kekuatan pertahanan nasional. Untuk itu, melaksanakan pembinaan rencana tata ruang wilayah pertahanan darat Kodim 1207/BS, harus ada keterpaduan dengan dua pemerintah Daerah tersebut.

Adapun maksud dan tujuan kegiatan tersebut untuk membangun secara fisik berupa infrstruktur maupun fasilitas lainnya, dengan mengenal dengan baik karakteristik wilayah di semua bidang ( bidang geografi, demografi dan kondisi sosial). Dalam menyiapkan rencana Tata Ruang Pertahanan Darat yang baik harus ada keterpaduan antar kepentingan pemerintah daerah dan kepentingan pertahanan sehingga tercipta suatu wilayah yang dapat menjadi daerah pangkal perlawanan dalam mewujudkan kepentingan pertahanan negara yaitu SISHANTA.

Dengan diadakannya kegiatan Pembinaan Tata Ruang Wilayah Pertahanan Darat di Satuan Kodim 1207/BS diharapkan mencapai sasaran diantaranya ; Terdatanya Wilayah pertahanan darat yang statis dan dinamis, Terdatanya kondisi wilayah ( geografi, demografi, kondisi sosial, SDA dan SDB) yang faktual, Terdatanya persepsi ancaman dan peluang dalam menyiapkan RTRW dan Mendapatkan kesamaan data atas dasar kesamaan visi dan persepsi serta sinergitas RTRW Kodim 1207/BS dengan konsep RTRW Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya serta Membuat konsep pertahanan wilayah.

Baca Juga  Pastikan Kedaulatan Negara, Satgas Pamtas Yonif R 600/Mdg dan TDM Patroli 277 Patok

Lanjut Dandim, dalam kesempatan kali ini juga mengundang Kepala Dinas PUPR Kota Pontianak dan Kab. Kubu Raya untuk menyampaikan materi yang berhubungan dengan rencana tata ruang wilayah pertahanan Darat di wilayah Kodim 1207/BS, dan kepada seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya dan sungguh-sungguh apa yang disampaikan pemateri,” pungkas Dandim. (Pen)