Press "Enter" to skip to content

HUT ke 74 TNI, Tampilkan Kendaraan Penyuplai Makan Tempur Prajurit

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Pada HUT ke-74 TNI, Direktorat Perbekalan Angkutan Angkatan Darat menampilkan kendaraan penyuplai makanan tempur prajurit di Halim Perdanakusuma.

Hal tersebut disampaikan pimpinan parade Alutsista Perbekalan Angkutan Angkatan Darat, Letkol Cba Teddy Rudianto, dalam rilis tertulisnya, Minggu (6/10/2019).

Diungkapkan Teddy Rudianto, kendaraan penyuplai makanan ini pada sebuah operasi tempur, tentunya sangat dibutuhkan prajurit dalam memenuhi ketersediaan asupan gizi makanan yang cukup dan berimbang.

“Selain kendaraan penyumplai makanan, kita juga menyiapkan dapur untuk masak makanan sebagai sumber energi, gizi juga penting untuk menjaga kebugaran, serta mengatur proses metabolisme tubuh agar fisik prajurit selalu fit dalam beraktivitas selama di medan operasi,” ujarnya.

Melihat pentingnya penyediaan makanan bergizi bagi prajurit tambahnya, keberadaan dapur lapangan di medan operasi begitu dibutuhkan, tidak terkecuali pada latihan puncak TNI AD Kartika Yudha.

“Sebagai tim dapur lapangan, kami telah menyiapkan satu unit kendaraaan dapur lapangan (Randurlap) yang siap mendukung kebutuhan makan bagi prajurit yang sedang mengikuti latihan,” jelasnya.

“Randurlap yang disiapkan terdiri dari tiga unit kendaraan roda empat/mobil yang didesain khusus. Mobil pertama berfungsi sebagai dapur masak, mobil kedua sebagai genset pemasok tenaga listrik, dan mobil ketiga sebagai tangki penampung air,” jelas Teddy.

Dijelaskan pula, Tim Randurlap bertugas mendukung kebutuhan makanan pada berbagai kegiatan di lapangan, baik latihan maupun dukungan bagi pengungsi di daerah yang terdampak bencana alam.

“Pada musibah bencana alam tsunami di Pandeglang, Banten beberapa waktu lalu, tim dapur lapangan ini ikut membantu menyediakan dukungan makanan bagi para pengungsi,” tutur Teddy.

Selain Randurlap, pada parade Alutsista ini, Perbekalan Angkutan Angkatan Darat juga menampilkan dua unit Swamp Boat, Jetsky dan Hovercraft Rajawali.

Baca Juga  Mentan Berikan Motivasi Khusus pada Penerima Penghargaan Teladan dan Berprestasi

Hovercraft Rajawali adalah sarana transportasi yang sangat populer di daerah berawa dan/atau dangkal di mana mesin inboard atau outboard standar dengan baling-baling terendam tidak praktis, terutama di sungai dangkal. (Pen)